Tanya Dokter

  • sensasi tersumbat di hidung yang berpindah-pindah

  •  Fajar Santoso
    Anggota
    Dok saya ada flu tapi sering pindah dari hidung satu kehidung lain nya itu tanda polip apa sinus ya. Yg mampet salah satu tapi pindah pindah

    Hai Fajar,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Baik polip hidung maupun sinusitis bisa menyebabkan sensasi tersumbat di hidung yang berpindah-pindah.

    Polip hidung merupakan salah satu jenis tumor jinak yang berasal dari sel kelenjar di lapisan mukosa. Polip bisa menyebabkan pertumbuhan bertangkai yang mudah berdarah, misalnya jika hidung mengalami iritasi akibat gesekan. Polip yang muncul di salah satu rongga hidung bisa menyebabkan penyumbatan misalnya jika Anda berbaring miring ke sisi rongga hidung yang terdapat polipnya. Hidung pun bisa menjadi tersumbat jika Anda berbaring terlalu telentang karena pengaruh gravitasi.

    Sedangkan, sinusitis merupakan suatu kondisi dimana rongga sinus di sekitar hidung, dahi, dan pipi mengalami peradangan. Penyebabnya adalah karena tersumbatnya "saluran keluar" sinus yang semestinya mengalirkan lendir ke rongga hidung. Akibatnya, akan terjadi peradangan yang menyebabkan hidung tersumbat. JIka sinusitis secara dominan menimpa salah satu sisi rongga sinus, maka sensasi tersumbat pun bisa terasa lebih dominan di sisi tersebut. Di samping itu, penderita pun kerap mengalami keluhan lain, seperti mencium bau busuk, gangguan penciuman, nyeri wajah, nyeri kepala, demam, dan mudah mimisan.

    Di samping kedua kondisi di atas, ada beberapa kemungkinan lain yang menyebabkan sumbatan hidung berpindah, misalnya karena corpus alienum (kemasukan benda asing), tumor rongga hidung (termasuk kanker nasofaring), deviasi septum hidung, rhinitis, gangguan psikosomatis, dan lain sebagainya.

    Karenanya, apabila sangat sering keluhan Anda muncul, sebaiknya Anda memeriksakannya langsung ke dokter. Untuk menilai penyebabnya, jika fasilitas memadai, dokter akan melakukan eksplorasi menggunakan rontgen dan rhinoskopi.

    Sementara itu, Anda sebaiknya hindari menggosok-gosok hidung secara berlebihan karena bisa memicu peradangan dan iritasi bertambah parah. Pilihlah posisi tidur yang nyaman buat Anda, yakni yang paling tidak menyebabkan hidung tersumbat. Hindari paparan polutan, asap, debu, dingin, dan zat lain yang berpotensi membuat Anda alergi, misalnya dengan menggunakan masker saat keluar rumah. Tidak lupa, hidari rokok dan makan makanan yang sehat bergizi seimbang.

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah