Tanya Dokter

  • Flu tidak sembuh-sembuh saat hamil muda

  • Dok saya sebelumnya pernah keguguran 2x ketika hamil. Hamil pertama 9week bo dan hamil kedua 7week flek dan mnurut dokter janin tdk mmiliki bakal jantung. Sekarang saya hamil 5 week. Saat Tespeck sblm telat hasilnya positif. Waktu itu tgl 22 oktober dengan Hpht 22 september. Sblmya saat keguguran ke 2 saya segera tes torch dengan hasil igg tokso -, rubella igg equivocal, anti cmv igg+, dan untuk igm tokso rubella dan anti cmv - smua. Kata dokter aman tdk perlu pengobatan. Nah saat saya periksa tgl 22 oktober kemarin saya mulai merasakan tenggorokan gatal akan flu. Dan dokter memberikan Nac katanya antioksidan dan saya boleh minum vit c 1000 mg perhari. Tapi smpai sekarang flu saya blm sembuh dok,sudah 12 hari. setiap hari keluar ingus putih dan hijau tidak nyaman di tenggorokan. Apakah ini aman untuk kehamilan saya dok? Terimakasih

    Salam,

    Adanya keluhan flu dan tenggorokan tidak nyaman, kemungkinan dapat disebabkan oleh radang tenggorokan. Kondisi ini dapat menunjukkan bahwa fisik Anda dalam kondisi yang menurun, baik karena kelelahan, kurang tidur, aktivitas pekerjaan yang berat, kurang minum, kebiasaan konsumsi makanan gorengan atau makanan instan ataupun tertular dari anggota keluarga lainny.

    Dengan demikian, bila kondisi ini tidak ditangani dengan baik, maka kondisi fisik Anda semakin menurun, apalagi saat ini Anda sedang hamil dengan riwayat kehamilan sebelumnya yang beresiko. 

    Oleh karena itu, sebaiknya Anda beristirahat dari semua aktivits Anda sehari-hari, fokuskan pada pemulihan fisik Anda, perhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi, serta perbaiknya istirahat Anda.

    Bila kondisi Anda belum membaik, dalam dua hari selanjutnya, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda kembali atau dokter THT untuk pemeriksaan dan evaluasi keluhan yang Anda rasakan. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan evaluasi terkait kondisi Anda saat ini. Evaluasi kesehatan ibu dan janin akan menjadi perhatian dokter. Pengobatan dan perawatan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan. 

    Yang perlu Anda lakukan adalah hindari makanan pedas, mie, bakso,nasi goreng, kerupuk, gorengan, dan makanan ringan yang kurang sehat.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga flu dalam  kehamilan.

    dr. Ulfi