Tanya Dokter

  • Cara mengatasi flu berkepanjangan

  • Selmat sore dok. Saya ingin tanya soal ibu saya yg mengalami flu dalam waktu lama kira kira suda hampir se tahun tidak hilang", langka yg ibu ambil hanya dengan meminum obat seperlunya agar mereda tapi tidak bisa sembuh. Sekarang iibu malah minta beli kan obat neo napacin karna dadanya sesak seperti asma, mohon bantuannya ya dok. Trimkasih

    Halo Sandra.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang ibu Anda alami dengan keluhan utama berupa flu atau pilek yang berkepanjangan, paling sering disebabkan oleh karena alergi terhadap alergen atau hal yang menyebabkan alergi seperti debu, kutu kecil, binatang peliharaan, serbuk kayu, serbuk Sari bunga, tepung, dan lain sebagainya.

    Sekedar informasi untuk Anda, ketika alergi, sistem kekebalan tubuh bereaksi teradap alergen. Sel - sel di dalam hidung kemudian melepaskan histamin dan bahan kimia lain ketika bersentuhan dengan alergen. Alhasil, hidung jadi meradang dan menyebabkan gejala seperti pilek atau flu.

    Selain oleh karena alergi, kondisi ibu anda alami juga dapat disebabkan oleh hal yang lain, yaitu : sinusitis === peradangan atau pembengkakan jaringan dinding yang melapisi Sinus, polip hidung === pembengkakan selaput hidung yang terjadi di dalam saluran hidung dan Sinus, dan lain sebagainya.

    Oleh karena hal ini sudah lama ibu Anda alami, dan akhirnya sekarang sudah menimbulkan rasa sesak nafas, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis THT ( telinga - hidung - tenggorokan ), dan mendiskusikan masalah ini, agar ibu Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang ibu Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, endoskopi THT, rontgen sinus, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati