Tanya Dokter

  • Fungsi acuatim cream untuk penderita cacar air

  • Halo dok..saya ririn 31 tahun..saya menderita cacar air menular dr anaj saya br hari ke 2..sy sudah ke dokter sp.kk diberikan resep valacyclovir tablet 500 mg 2x3,Imboost 3x1 ,sanmol utk pusing dan obat luar bedak salicyl dan acuatim cream..yg ingin saya tanyakan..knp setelah minum obat cacar saya kluar banyak skali sampe sluruh badan dan sluruh wajah..serta acuatim cream fungsinya utk apa.

    Hai Ririn, Cacar air merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus varisela zoster. Penularan penyakit ini sangat mudah yaitu melalui kontak langsung dengan pengidap atau melalui percikan bersin atau batuk pengidap. Pada dasarnya virus akan masuk ke tubuh kita jika tubuh kita mengalami kekebalan yang lemah sehingga salah satu cara mengobatinya adalah dengan meningkatkan kekebalan tubuh. Gejala yang dialami oleh penderita cacar air adalah berupa demam, mual, sakit kepala, kelelahan, rasa nyeri atau sakit pada otot, timbul ruam yang menajdi bentol-bentol berisi air yang gatal dan jika bentol-bentol tersebut pecah akan menjadi koreng dan mengelupas sendiri. Ruam yang timbul pada setiap pengidap cacar air akan berbeda-beda, ada yang tidak timbul sama sekali, ada yang timbul hanya di bagian tertentu saja namun ada juga yang timbul di seluruh tubuh bahkan sampai di dalam mulut. Jika anda mengalami gejala yang lebih parah seperti sakit dada, susah bernafas, kulit di sekitar bintil menjadi merah akibat infeksi, dan terjadi gejala dehidrasi seperti jarang kencing dan mulut kering. Ruam yang semakin banyak dapat terjadi karena infeksi virus yang semakin tinggi dan juga bisa disebabkan oleh kekebalan tubuh anda yang semakin lemah. Pengobatan yang diberikan untuk cacar air adalah obat-obatan antivirus seperti acyclovir. Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan resep tersebut karens sebelum memberikan resep, dokter harus melihat terlebih dahulu keadaan anda, memeriksa kulit anda sehingga dapat disimpulkan diagnosis dari penyakit anda. Krim acuatim merupakan krim yang berisi antibiotik Nadifloxacin. Pada penderita cacar dapat juga diberikan krim antibiotik untuk menghindari infeksi bakteri pada ruam cacar air yang dialami. Anda dapat melakukan tips di bawah ini:

    • Menghindari kontak dengan orang yang sehat
    • Konsumsi makanan tinggi nutrisi dan vitamin
    • Konsumsi air mineral minimal 2 liter dalam 1 hari
    • Hindari menggaruk ruam
    • Mandi dengan cairan antiseptik
    • Konsumsi obat dengan rutin dan sesuai jadwal yang sudah ditentukan untuk mempercepat penyembuhan dan lakukan kontrol terhadap dokter setiap 3 hari agar dokter dapat melihat perkembangan penyakit anda
    Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Cacar air Semoga membantu dr. Yosephine U L Simanungkalit  

    -Ririn Afrino-  -Ririn Afrino-
    Anggota

    Terimakasih dokter..info nya sangat membantu saya..dan syukurlah ini hari ke 5 mudah mudahan besok di hari ke 6 mengering..dan kebetulan jika obat saya habis saya akan kontrol ke dokter saya kembali..