Tanya Dokter

  • Efek samping dari konsumsi suplemen peninggi badan

  •  Kikiki
    Anggota
    Hallo dokter ,salam sehat Saya berumur 22 th/laki2 dokter,ingin bertanya masih bisa kah dg mengkonsumsi suplemen peninggi badan dan apabila dibantu olahraga, tubuh saya bertambah tinggi dokter? Apakah ada efek samping konsumsi suplemen itu? Dan yang lebih bagus suplemen seperti apa, makanan dan olahraga seperti apa saja yang dapat menunjang itu semua dokter? Terimakasih

    Halo, terima kasih telah bertanya ke Alodokter.

    Pertambahan tinggi badan akan terjadi pada usia remaja, pada laki-laki mencapai puncak pertumbuhan tinggi pada usia 13 tahun dan pada perempuan pada usia 12 tahun, dan kemudian akan berhenti pada masa pubertas atau pada laki-laki usia 18-20 tahun dan perempuan pada usia 15-16 tahun.

    Sebaiknya teliti terlebih dahulu sebelum menggunakan obat peningi badan, apalagi tertulis mengandung hormon pertumbuhan, sebab hormon pertumbuhan hanya dapat diberikan dalam bentuk suntikan dan juga efek samping dari obat-obatan sangatlah bervariasi tergantung dari kandungan dari suplemen tersebut, sehingga sebaiknya Anda mengkonsumsi suplemen yang telah terdaftar oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). 

    Jangan ragu untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke Dokter agar dapat berkonsultasi mengenai tinggi badan dan dapat dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

    Anda dapat melakukan hal-hal berikut untuk mencoba menambah tinggi badan Anda:

    • Olahraga yang memerlukan pergerakan aktif dari sendi lutut, seperti lompat tali, basket, lari, sepak bola, dan lain sebagainya
    • Konsumsi makanan yang bergizi dan hindari makanan junk food atau fast food
    • Istrahat yang cukup, hindari tidur larut malam
    • Hindari hal-hal yang menghambat pertumbuhan tingi badan, seperti merokok dan penggunaan steroid

       

      Baca juga artikel mengenai Cara Menambah Tinggi Badan

      Semoga bermanfaat.

      Salam,

      Dr. Christian Haryanto