Tanya Dokter

  • Penyembuhan penyakit gagal ginjal

  •  Icha Melisa
    Anggota

    selamat siang dok saya pernah mengalami gagal ginjal tapi alhamdulilah udah setahun lebih saya sembuh dari penyakit gagal ginjal saya ingin menanyakan apa penyakit itu akan kembali lagi atau tidak dok dan apa tidak terganggu dengan rahim saya dok sekian terimakasih :-)

    Hai Icha, Gagal ginjal adalah suatu kondisi dimana ginjal tidak mampu menjalankan fungsinya sebagai filtrasi darah dan metabolit-metabolitnya. Gagal ginjal dibagi menjadi gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis. Penyakit ginjal Gagal ginjal akut terjadi dalam waktu singkat, sedangkan gagal ginjal kronis merupakan suatu proses yang berlangsung menahun dan tidak dapat disembuhkan. Selain gagal ginjal kronis yang mengalami perburukan, gagal ginjal akut juga dapat disebabkan oleh penyebab berikut:

    • Dehidrasi atau kehilangan cairan tubuh, karena muntah, atau karena terdapat luka bakar
    • Serangan jantung
    • Syok, misalnya karena syok sepsis dan juga anafilaktik
    • Penggunaan obat-obatan tertentu
    Gagal ginjal akut kadangkala cukup berbahaya, namun kondisi akut tersebut dapat membaik dengan mengatasi penyebabnya. Sedangkan gagal ginjal kronis hanya dapat dicegah perburukannya, dan pada tahapan tertentu harus diatasi dengan program cuci darah atau hemodialisis. Untuk menentukan prognosis atau kemungkinan perkembangan penyakit Anda, sebaiknya Anda mengunjungi dokter ahli penyakit dalam yang dulu menangani Anda. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, dan melakukan serangkaian pemeriksaan penunjang seperti misalnya pemeriksaan laboratorium darah rutin, tes fungsi ginjal, dan sebagainya. Dari hasil pemeriksaan tersebut, barulah dokter dapat menentukan penanganan yang tepat. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. dr. Agatha