Tanya Dokter

  • Penanganan awal penderita gagal jantung

  •  Khafidzoh
    Anggota
    Dok saya mau tanya bagaimana penanganan awal pada penderita gagal jantung dan apa bedanya gagal jantung sama serangan jantung,,, trimakasih

    Halo Khafidzoh......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu anda ketahui gagal jantung merupakan suatu kondisi saat otot jantung menjadi sangat lemah, sehingga tidak bisa memompa cukup darah keseluruh tubuh. Kondisi ini dikenal juga dengan istilah gagal jantung kongestif.

    Terjadinya gagal jantung biasanya dipicu oleh masalah kesehatan, seperti : penyakit jantung koroner, gangguan ritme jantung, kerusakan katup jantung, gangguan otot jantung, tekanan darah tinggi, kelenjar tiroid yang terlalu aktif, anemia, dan lain sebagainya.

    Gejala dari gagal jantung yang umumnya muncul diantaranya adalah : sesak nafas baik ketika beraktifitas maupun beristirahat, tubuh terasa lelah sepanjang waktu, pembengkakan kaki dan pergelangan kaki.

    Pengobatan yang diberikan bagi penderita gagal jantung biasanya dengan pengobatan untuk memperlambat perburukan penyakit serta mengontrol gejala selama mungkin. Operasi juga dapat dilakukan jika terdapat perburukan.

    Sedangkan serangan jantung merupakan kondisi yang terjadi ketika pasokan darah menuju ke jantung terhambat. Hari ini merupakan suatu kondisi medis darurat yang biasanya disebabkan oleh penggumpalan darah atau penumpukan lemak, kolesterol, dan unsur lainnya. Dalam dunia medis, serangan jantung disebut juga sebagai infark miokard.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    GAGAL JANTUNG

    SERANGAN JANTUNG

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    salam,

    @dr.jati