Tanya Dokter

  • Keyakinan yang berbeda dengan kenyataan dan menyalahkan diri sendiri

  •  Susanr
    Anggota
    Dear Alodokter, Saya ada kerabat yang mengalami gangguan dengan meyakini anak2nya sudah tidak bekerja lagi alias diphk padahal faktanya anak2 masih bekerja normal namun ybs tetap tidak percaya kalau dikasih tahu. Dan ybs merasa bersalah semua itu akibat dari perbuatan yg dilakukannya. Masuk kategori gangguan apakah hal tsb dan kemanakah untuk pengobatannya yg tepat? Mohon sarannya terima kasih. Salam Tuti

    Halo,

    Sebelumnya patut diketahui apakah keyakinan tersebut memiliki alasan khusus yang tidak diketahui sebelumnya, misalnya mendengar informasi yang salah dari orang lain.

    Keyakinan salah karena berbeda dengan kenyataan dan tidak dapat disangkal lagi merupakan suatu gangguan delusi (waham). Gangguan tersebut termasuk dalam gangguan mental psikosis yang sebaiknya ditangani oleh dokter ahli jiwa.

    Ada beberapa macam waham, diantaranya:

    • waham kebesaran (penderitanya menganggap dirinya memiliki talenta hebat atau relasi spesial dengan figur hebat
    • waham kejar: penderitanya menganggap ada orang yang ingin mencelakai atau memata-matai dirinya
    • waham cemburu

    Kecenderungan menyalahkan diri sendiri sudah melakukan perbuatan tertentu merupakan kecenderungan seseorang yang mengalami depresi. Anda perlu mengamati bagaimana kehidupan kerabat Anda. Apakah kerabat Anda cenderung sedih berkepanjangan, tidak ada minat melakukan hobi yang dulu disukai, tidak bisa tidur atau tidur berlebihan maupun sensitif terhadap orang lain. Adanya gejala-gejala tersebut mengarah pada gangguan depresi.

    Jika kerabat Anda mengalami gejala yang sudah disebutkan di atas, sebaiknya segera mengunjungi psikiater untuk dievaluasi lebih lanjut. Psikiater akan melakukan wawancara dan tes khusus untuk mendiagnosis ada tidaknya gangguan.

    Bukalah tautan ini untuk menambah wawasan Anda: Kesehatan mental

    Semoga membantu ya,

    dr.Mira