Tanya Dokter

  • Penyebab tangan dan kaki dingin serta gemetar dan mudah mengantuk

  • Jadi gini dok, saya tuh bingung.. kadang saya suka merasa kaki dan tangan saya mudah kedinginan, dan kalau abis naik motor pagi tiba tiba bagian dada tuh kaya kerasa dingin gitu di dalemnya sampe dahak juga dingin, terus saya sangat mudah tidur bahkan malam juga jam 7 malem sudah terasa ngantuk dan harus tidur 9-10jam, kadang juga tangan sering kaya bergetar kaya termor gitu, sering sakit kepala juga, dulu waktu kecil saya punya bronchitis dan itu udh sembuh, tapi saya takut itu terjadi lagi

    Halo,

    Keluhan tangan dan kaki dingin merupakan keadaan yang umum dialami. Hal ini dapat dipengaruhi oleh:

    • kedinginan pada keadaan suhu lingkungan yang rendah
    • pengaruh gangguan metabolisme, misalnya gangguan tiroid
    • kekurangan sel darah merah (anemia)
    • kurang bergerak
    • kondisi lebih berat, misalnya penurunan tekanan darah/syok
    • pengaruh psikologis seperti ketakutan dan kecemasan

    Bagaimana keluhan dingin berlangsung, apakah berlangsung di waktu tertentu dan bagaimana keadaan lain secara umum perlu diketahui dengan jelas.

    Mengenai keluhan mudah mengantuk sering dipengaruhi oleh pola tidur yang tidak tepat (misalnya: kerja dengan sistem shift, sering beraktivitas di malam hari), dapat juga disebabkan keadaan tidak normal seperti diabetes, anemia, gangguan tidur sleep apnea, keadaaan depresi. Sedangkan gemetar pada tangan (tremor) bisa saja tidak mengindikasikan penyakit khusus, namun dapat juga disebabkan keadaan lebih serius, misalnya tremor akibat gangguan pembuluh darah otak, tumor, dan penyakit autoimun.

    Kunjungi dokter penyakit dalam agar Anda dapat mengetahui kondisi kesehatan Anda. Dokter akan memeriksa Anda secara cermat dengan pertanyaan lebih terarah, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan medis yang mendukung, misalnya tes darah.

    Berikut anjuran untuk Anda:

    • makan dengan teratur dan konsumsi makanan dengan gizi seimbang
    • aktif bergerak, misalnya olahraga 5 kali per minggu @30 menit
    • mengatur pola tidur, misalnya tidur dan bangun pada jam-jam yang sama
    • kelola stres dengan baik

    Semoga membantu,

    dr.Mira