Tanya Dokter

  • Gangguan Kepribadian Skizoid

  •  Ria Sagita
    Anggota

    Selamat siang, dok. Saya ingin bertanya,  Kriteria-kriteria pada gangguan kepribadian skizoid ini sebagian besar ada disaya. gimana si dok, cara untuk meminimalisir kepribadian ini? Terima Kasih

    Ria Sagita  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Ria, Pertama-tama, Anda perlu memahami mengenai beberapa konsep dasar dalam hal gangguan kepribadian. Pertama perbedaan antara gangguan dan ciri kepribadian, hal ini penting karena setiap orang pasti memiliki ciri kepribadian tertentu, misalnya ciri kepribadian skizoid, ciri kepribadian paranoid, dsb. Saat ciri kepribadian tersebut menimbulkan gangguan / hendaya, baik dari sisi peran / pekerjaan, sosial, perawatan diri, ataupun pemanfaatan waktu luang, serta mengakibatkan gangguan yang bermakna dalam kehidupan sehari-hari ataupun dalam hubungan interaksi dengan orang lain, maka ciri tersebut akan menjadi gangguan kepribadian. Kepribadian seseorang masih dapat berubah-ubah hingga kira-kira berusia 17-18 tahun, setelah itu akan menetap. Jadi misal jika anda memiliki kepribadian skizoid dan telah berusia lebih dari 18 tahun, maka biasnaya kepribadian tersebut tidak akan berubah, kecuali terjadi suatu kejadian katastrofik / traumatik dalam kehidupan. Pada dasarnya, jika tidak menimbulkan gangguan maka bukanlah suatu gangguan kepribadian melainkan hanya ciri kepribadian saja dan tidak memerlukan terapi. Akan tetapi jika menimbulkan gangguan, maka sudah merupakan suatu bentuk gangguan kepribadian dan membutuhkan penanganan , antara lain :

    • penanganan dengan obat, biasnaya digunakan sesuai dengan gejala yang muncul, apakah anti depresi, anti kecemasan, penstabil mood atau obat anti psikotik (jika terdapat gejala psikotik)
    • penanganan tanpa obat, misal terapi psikodinamik, CBT / terapi perilaku kognitif, dan terapi interpersonal.
    Jika Anda merasa bahwa hal tersebut menjurus pada suatu gangguna kepribadian, sebaiknya anda mengunjungi ahli kedokteran jiwa untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai masalah ini. gangguan kepribadian Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.