Tanya Dokter

  • penanganan pada depresi

  •  ribkastel
    Anggota

    halo dok, umur saya 23 tahun. gejala ini saya sadari sekitar 2 tahun lalu. hampir setiap malam saya merasa pusing, mudah lelah (padahal tidak melakukan pekerjaan yg berat), emosi saya sangat tidak stabil. saya sangat mudah tersinggung dan kalau emosi saya bener2 keluar saya tidak bisa mengontrolnya, seperti ingin melukai seseorang atau melemparkan barang2 yg ada didekat saya. tidur tidak teratur (terkadang susah tidur, terkadang saya ingin tidur terus, terkadang kalau sudah tidur mudah terbangun). contohnya, dalam beberapa hari ini (sebelumnya pernah terjadi jg) saya selalu terbangun tengah malem atau subuh, untuk sekian menit saya merasa pikiran saya kosong, lalu saya tiba2 menangis dan merasa sangat sedih dan sakit secara emosional, tapi dalam hitungan menit saja emosi saya bisa berubah tiba2 krna suatu hal, saya bisa ketawa tiba2 lalu merasa sedih lg secara tiba2 jg. saya sering memikirkan hal-hal yg seharusnya tidak penting atau tidak perlu saya pikirkan. saya jg sering ngomong dengan diri sendiri. saya juga sering merasa kesepian, merasa tidak ada yg peduli, tidak dihargai, merasa sangat mengenal oranglain, dan selalu berpikir negatif terhadap orang lain terutama orang2 yg bisa dikatakan seharusnya berhubungan dekat dengan saya. selain itu dalam berhubungan dgn pasangan saya, dalam hitungan menit atau jam perasaan saya bisa berubah2 sehingga saya tidak bisa menjalin suatu hubungan yg lama. saya jg sangat sering berpikir untuk bunuh diri (tapi tidak saya lakukan karna saya masih takut). di lain waktu, saya bisa merasa sangat bahagia hingga orang sekitar saya mengatakan saya sangat rese, bawel, dll. saya juga susah mengungkapkan perasaan yg saya rasakan. apakah itu depresi biasa dok? atau gangguan mental lainnya?

    Terimakasih atas pertanyaanya, 

    Depresi merupakan salah salah gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan perasaan yang sedih terus menerus, kehilangan minat, tidak ada motivasi, adanya gangguan tidur, tidak ada nafsu makan, kadang disertai juga dengan keluhan fisik seperti sakit kepala atau nyeri ulu hati. Keluhan ini dirasakan selama 2 minggu atau lebih. Jika setelah kondisi depresi diikuti dengan kondisi manik (terlalu bersemangat, enerjik, tidak mudah lelah, tidak tidur, banyak bicara, banyak ide) dan siklus ini berlangsung terus maka kondisi ini dapat diakibatkan oleh gangguan bipolar. Kondisi lain yang menyerupai keluhan Anda adalah : 

    1. Gangguan penyesuian

    2. Gangguan cemas menyeluruh

    3. gangguan stres pasca trauma

    Anda sebaiknya memeriksakan diri Anda ke dokter spesialis kejiwaan. Dokter akan melakukan wawancara dan konseling pada Anda. Beberapa anjuran untuk Anda : 

    1. Hindari stres berlebih. 

    2. Luangkan waktu Anda untuk melakukan hobi atau rekreasi. 

    3. Anda dapat memanfaatkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga atau teman dekat Anda 

    4. Olahraga secara teratur

    Semoga bermanfaat

    Salam, 

    dr.Angga