Tanya Dokter

  • Penis mengeleuarkan cairan seperti susu dan terasa nyeri

  • Selamat malem dok,

    dok mau tanya..saya berumur 24 tahun dok.

    Dok, ini saya ada keluhan gangguan pada penis saya dok. sehari kemarin kok tiba2 penis saya mengeluarkan cairan seperti susu dan rasanya d batangnya dan kulupnya agak nyeri, dan sering buang air kecil dok.kenapa ya dok????

    terimakasih dok

    Hai Misbakhul.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.

    Dari gejala yang anda gambarkan, ada beberapa kemungkinan yang dapat terjadi, yaitu:

    • Uretritis gonorea; merupakan infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae yang disebabkan karena adanya Infeksi menular seksual. Penyakit ini dapat mnegenai pria dan wanita. Gejala yang muncul pada pria: nyeri ketika BAK, keluar cairan berwarna putih, kuning, atau hijau dari penis, radang diujung penis.
    • Uretritis non- gonorea; disebabkan infeksi bakteri Chlamydia trachomatis.Gejala yang dapat muncul ialah rasa nyeri ketika BAK, keluar cairan putih kental atau encer dari ujung penis. 

    Kedua penyakit ini dapat ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak aman, atau saling bersentuhnya alat kelamin yang terinfeksi. Bila keluhan yang anda rasakan memberat, cairan yang keluar semakin banyak dan nyeri bila BAK maka periksakan diri anda kedokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan apusan cairan penis dan dilihat dibawah mikroskop untuk melihat penyebab keluhan anda apakah gonorea atau bakteri lainnya. Yang cukup penting ialah: lakukan pengobatan hingga tuntas berdasarkan saran dokter, untuk sementara tidak berhubungan seksual, cuci tangan setelah terkena cairan penis karena dapat menularkan, jangan berganti- ganti pasangan seksual, obati juga pasangan seksual.

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti