Tanya Dokter

  • Pendengaran terganggu pada saat kehamilan

  •  Folantine
    Anggota
    Malam dok,dok usia saya 22 tahun sedang hamil 12 minggu,tapi semenjak saya hamil pendengaran saya mengalami gangguan dok,apakah hamil bisa mempengaruhi pendengaran juga dok ?

    Hai Folantine,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Kehamilan dan gangguan fungsi pendengaran semestinya tidak berkaitan secara langsung. Namun, kedua kondisi ini bisa terjadi secara bersamaan.

    Berdasarkan letak kelainannya, gangguang fungsi pendengaran dibagi menjadi 2, yakni:

    • Gangguan konduksi, yakni diakibatkan oleh kelainan dalam penghantaran suara dari telinga luar. Penyebabnya bisa karena penumpukan cerumen (kotoran telinga), kemasukan benda asing, otitis eksterna (radang telinga luar), otitis media (radang telinga tengah).
    • Gangguan sensorineural, yakni diakibatkan oleh kelainan pada jaras syaraf yang menghantarkan impuls suara. Penyebabnya bisa karena penuaan, otosklerosis, meningitis, cidera telinga, stroke, paparan bising terus-menerus, dan sebagainya.

    Anda bisa memeriksakan diri secara langsung untuk menentukan mana persisnya yang Anda alami saat ini. Jika diperlukan, dokter akan merujuk Anda ke dokter spesialis THT guna memperoleh penanganan lebih lanjut.

    Sementara itu, sebaiknya Anda jaga kesehatan telinga Anda dengan tidak mengorek-ngoreknya terlalu sering, batasi paparan bising berlebihan, dan jaga telinga agar senantiasa kering. Tidak lupa, periksakan selalu kesehatan telinga Anda ke dokter setiap 6 bulan sekali.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah