Tanya Dokter

  • Gangguan psikologis

  • Selamat malam dokter, saya mau tanya tentang gejala yang saya alami sejak kelas 5 SD. Saya sering banget mood swing ekstrim, kadang seneng, tapi tiba-tiba saya jadi murung dan ga semangat, itu terjadi setiap hari. Kalo lagi senang saya suka makan banyak, sangat aktif dalam beraktifitas, ngomong banyak dan begitu sebaliknya. Bahkan kalo saya bener-bener lagi murung, saya bisa berpikiran frustasi dan mikir bunuh diri. Saya akhir-akhir ini juga sering nangis/ketawa tanpa sebab.

    Temen saya bilang kalau itu gejala bipolar, tapi saya masih belum yakin. Apa kira-kira saya bener terkena bipolar di umur saya yang masih remaja awal? Saya minta tipsnya supaya bisa mengendalikan emosi saya. Terima kasih dok!

    Halo,   Ya kondisi Anda bisa saja disebabkan karena adanya gangguan afektif / mood yang sering ditandai dengan perubahan mood secara bergantian dari kondisi senang ke kondisi sedih secara ekstrem. Untuk meyakinkan adanya gangguan kesehatan mental pada Anda maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan diri secara langsung ke psikolog/ psikiater secepatnya. Dengan pemeriksaan secara langsung dan pengamatan oleh psikolog maka bisa diketahui apa penyebab keluhan Anda selama ini. Dengan pengetahuan mendalam mengenai kondisi Anda maka pengobatan bisa diberikan sesuai dengan kondisi Anda. Baca artikel Jenis sakit jiwa. , Kesehatan mental. Baca artikel Bipolar = manik depresif. Untuk mengendalikan kondisi ini Anda bisa melakukan :

    1. minum obat sesuai anjuran dokter
    2. Berpikir positif.
    3. Berolahraga rutin.
    4. Cukup istirahat.
    5. Melakukan terapi kelompok.
    6. Melakukan terapi prilaku kognitif.
    7. Relaksasi.
    Baca topik Bipolar. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi