Tanya Dokter

  • Tidak merasakan gairah seksual dan kaitan dengan riwayat pelecehan seksual

  •  Novanina P
    Anggota
    Dok, kenapa ya setiap saya memikirkan berhubungan intim saya tidak pernah merasakan apapun. Bahkan saat saya menonton (maaf) film biru pun saya merasa biasa saja. Bahkan saat saya berciuman juga saya tidak pernah merasa ingin melakukan hal yg lebih dari itu. Malah saya cenderung sama sekali tidak ingin melakukan hal-hal yg berhubungan dengan kegiatan berhubungan intim. Apakah saya normal dok? Saya tidak pernah tertarik dengan hal-hal seperti itu. Saat kecil saya pernah mendapatkan pelecehan seksual. Selain itu orang tua saya pernah berselingkuh. Waktunya sekitar lebih dr 10 tahun mungkin. Apa mungkin hal tersebut mempengaruhi pola pikir saya terhadap kegiatan seksual? Mohon bantuannya dok.

    Terima kasih telah bertanya di Alodokter.com

    Ada beberapa faktor yang dapat menentukan gairah seksual pada pria, yaitu :

    • Sistem otak : saat seorang pria merasa bergairah, maka sinyal pada otak akan menstimulasi detak jantung serta aliran darah ke alat kelamin sehingga menyebabkan ereksi.
    • Hormon testosteron : semakin tua maka kadar hormon ini akan menurun sedikit demi sedikit, yang selanjutnya akan membuat reaksi ereksi akan lebih lambat dan sulit ereksi kembali setelah ejakulasi.
    • Stimulasi langsung dan visual

    Pada umumnya, gairah seksual pria akan mulai berkurang dan mengalami perubahan saat menginjak usia 40 tahun keatas. Jika Anda mengalami gangguan gairah seksual pada usia dini, maka kemungkinan kondisi tsb dapat disebabkan oleh masalah stres secara psikologis, kelelahan, hingga trauma masa kecil. Maka dari itu, untuk mengetahui penyebab pastinya, disarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter. Anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis andrologi untuk penanganan lanjutan.

    Semoga bermanfaat, dr.Previyanti