Tanya Dokter

  • Gangguan Saraf Karena Benturan Kepala

  •  Neymar Jr.
    Anggota

    Mlm Dok. Slm Hangat. Dok,, saya dulu (14 tahun lalu) pernah jatuh dan terbentur di kepala, sempat muntah tapi tdk pingsan. Setelah jatuh kepala terasa pusing berputar. Waktu itu Dirawat di rmh sakit kbtulan hanya oleh dokter umum, tanpa di ct scan dan mri, seminggu dirawat di rs, kmudian sembuh. Tapi 1 minggu kemudian opname lg dengan keluhan yg sama, pusing berputar, di kasih obat slama seminggu sembuh lagi. Sejak saat itu sakit yg saya alami dlm hidup hanya pusing2 meskipun tdk setiap saat. Namun saat ini yg saya keluhkan adalah mulai muncul rasa kram di areal wajah dan kepala seperti ditarik tarik, menurut dokter apa ada hunungannya dengan jatuh saya yang dulu? Apa saya gangguan di saraf?? Lantas apa yg harus saya lakukan dok? Mohon penjelasan. Trims. Slm Hangat.

    Hai, Tanpa adanya CT-scan / MRI pada riwayat cedera kepala yang cukup signifikan (dirawat sampai 1 minggu dengan riwayat muntah), akan sulit untuk menentukan apakah kondisi yang Anda alami saat ini berkaitan atau tidak dengan riwayat benturan kepala tersebut. Rasa kram / tertarik pada area wajah itu sendiri dapat disebabkan oleh hal lainnya selain masalah riwayat benturan otak, misalnya:

    • Kulit wajah kering
    • Gangguan elektrolit, biasanya dengan riwayat diare, pembedahan atau muntah-muntah
    • Bell's palsy
    • Stroke
    • Tumor otak, baik yang tumbuh dari jaringan otak itu sendiri atau dari penyebaran tempat lain, misalnya kanker nasofaring
    • dan sebagainya
    Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke Dokter / Spesialis Saraf (Sp. S) untuk dilakukan penggalian riwayat dan pemeriksaan fisik lebih lanjut. Dokter juga mungkin akan meminta pemeriksaan tambahan seperti CT-Scan atau MRI kepala bila dirasa perlu. Melalui pemeriksaan tersebut, barulah penyebabnya dapat diduga dan ditangani secara sesuai. Berikut tips untuk Anda:
    • Lembabkan kulit wajah dengan tidak terlalu sering mencuci muka dengan sabun; sabun bisa menghapus lapisan minyak wajah yang secara alami berguna untuk menjaga kelembaban wajah
    • Asupan buah dan sayuran bisa memenuhi kebutuhan elektrolit sehari-hari
    • Ganti cairan tubuh yang hilang setelah muntah-muntah / diare dengan asupan yang mengandung elektrolit
    Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma

    Neymar Jr.  Neymar Jr.
    Anggota

    Mat pgi Dok, Slm Hangat. Terima kasih atas penjelasannya dok. Maaf saya butuh pendapat dan penjelasan tambahan dari dokter, Melengkapi pertanyaan saya untuk lebih jelas buat dokter bahwa yg saya rasakan saai ini adalah selain kram di bagian dahi, di atas mata dan kepala.. Kram tersebut seperti denyutan jantungjantung, pasanya saya merasa tubuh saya seperti bergoyangbergoyang goyang seiring irama denyut jantung baik dlm keadaan duduk berdiri maupun tidur. Terutama pada saaat duduk diam dan tidur, terasa sangat bergoyang. Gejala ini saya rasa bersamaan saat saya sakit kolestrol tinggi, naik sampai 313,, stelah dirawa di rs oleh doktr umum jga, kolestrolnya turun jadi 230 tapi gejala ini tdk hilang sama sekali. Info tambahan gula darah saya baik, tensi baik, jantung baik (sesuai hasil rekam jantung 2 x ) Tapi sekarang saya dipulangkan karena menurut dokter rasa kram (berdenyut) di kepala dan badan terasa bergoyang seirama jantung akan hilang hanya dgn berisitraht. Apa dgn pnjelasan tambahan ini menurut dokter apa bisa diberikan diagnosa sementara saya menderita gangguan saraf karen pernah terbentur kepala. Mohon penjlasan dokter. Trims. Slm Hangat.

    Neymar Jr.  Neymar Jr.
    Anggota

    Ralat. Mat pgi Dok, Slm Hangat. Terima kasih atas penjelasannya dok. Maaf saya butuh pendapat dan penjelasan tambahan dari dokter, Melengkapi pertanyaan saya untuk lebih jelas buat dokter bahwa yg saya rasakan saai ini adalah selain kram di bagian dahi, di atas mata dan kepala.. Kram tersebut seperti denyutan jantung, pasalnya saya merasa tubuh saya seperti bergoyangbergoyang goyang seiring irama denyut jantung baik dlm keadaan duduk berdiri maupun tidur. Terutama pada saaat duduk diam dan tidur, terasa sangat bergoyang dan kram di telapak kaki dan tangan. Gejala ini saya rasa bersamaan saat saya sakit kolestrol tinggi, naik sampai 313,, stelah dirawa di rs oleh doktr umum jga, kolestrolnya turun jadi 230 tapi gejala ini tdk hilang sama sekali. Info tambahan gula darah saya baik, tensi baik, jantung baik (sesuai hasil rekam jantung 2 x ) Tapi sekarang saya dipulangkan karena menurut dokter rasa kram (berdenyut) di kepala dan badan terasa bergoyang seirama jantung akan hilang hanya dgn berisitraht. Apa dgn pnjelasan tambahan ini menurut dokter apa bisa diberikan diagnosa sementara saya menderita gangguan saraf karen pernah terbentur kepala. Mohon penjlasan dokter. Sangat saya butuhkan. Trims. Slm Hangat.