Tanya Dokter

  • Pengobatan untuk telinga bernanah yang menahun

  •  roni71
    Anggota

    Assalamu alaikum..?

    Apa kabar dok? Saya mau tanya dok. Saya punya keluhan,saya punya pnyakit telinga bernanah yang menahun,dri umur saya mungkin 10 thn skrang umur saya 31 thun.. Apakah masih bisa di obati..?

    Saya sekarng mencoba mengobati dengan obat tetes EARCALM apakh si carian obat tadi tidak akan menambah beban si air congek itu.. Saya malu dok sama orang di sekitar saya..saya slalu minder dan tidak PD.. Mohon solusinya dok dan mohon jelaskn untuk kesembuhan penyakit saya..

    Terima kasih.. Mohon jawabanya.

    roni71  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Rony, kabar baik. Terdapat beberapa penyakit yang dapat menyebabkan telinga bernanah antara lain: 1. Peradangan pada liang telinga luar (otitis eksterna). Biasanya ditandai adanya rasa nyeri saat membuka mulut, menekan tulang rawan telinga, atau saat menarik telinga ke belakang atas. 2. Peradangan pada telinga tengah, yang terdiri dari : a. Peradangan telinga tengah akut (otitis media akut). Terjadi mendadak, sering disertai rasa nyeri ditelinga, kurang pendengaran, rasa penuh didalam telinga, dan demam serta seringkali didahului atau terjadi bersamaan dengan infeksi saluran nafas atas seperti batuk dan pilek. Jika dibiarkan dapat mengakibatkan kebocoran gendang telinga diikuti keluarnya nanah (sekret). b. Radang telinga tengah kronik/menahun yang produktif (otitis media supuratif kronis / OMSK). Merupakan kelanjutan dari radang telinga tengah akut yang mengalami kebocoran gendang telinga, dimana kebocoran tersebut menetap dan disertai pengeluaran nanah/sekret terus menerus atau hilang timbul (terutama jika kemasukan air). Kelainan ini dibagi lagi menjadi 2 tipe, yakni tipe aman (jarang menyebabkan komplikasi) dan tipe bahaya (dapat menyebabkan komplikasi seperti kelumpuhan saraf wajah dsb) Saya menyarankan anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis THT (telinga-hidung-tenggorok) untuk memastikan jenis kelainan telinga yang anda alami. Disana anda akan menjalani wawancara mengenai riwayat penyakit, pemeriksaan fisik telinga, dan pemeriksaan penunjang seperti tes pendengaran (audiometeri), timpanometri,  foto ronsen dan CT scan jika dirasa perlu. Untuk pernanahan telinga menahun, dokter akan menentukan terlebih dahulu apakah anda termasuk yang tipe aman atau berbahaya. Pada tipe aman hanya diperlukan pengobatan seperti pencucian telinga (dengan cairan tertentu) dan pemberian obat antibiotika tetes / minum , yang jika telah kering mungkin akan disarankan untuk dilakukan perbaikan gendang telinga (jika terdapat kebocoran). Pada tipe bahaya biasanya diperlukan upaya pembedahan dengan atau tanpa perbaikan gendang telinga sesuai dengan kondisi klinis anda. Untuk obat yang anda sebutkan, mengandung asam asetat 2%, bersifat antibakteri dan biasanya digunakan untuk mengobati infeksi liang telinga luar. Beberapa hal yang dapat anda lakukan dirumah : 1. Menjaga telinga kering dan mencegah kemasukan air ke dalam liang telinga 2. Jika berenang sebaiknya memakai sumbat telinga dan segera mengeringkannya begitu anda selesai berenang Buka tautan berikut untuk informasi lebih lanjut mengenai otitis media .   Demikian jawaban yang dapat saya berikan, semoga membantu. Salam, dr. Rico Novyanto  

    roni71  roni71
    Anggota

    Terima kasih dok.. Dok obat ttes yg sekrng saya gunakn knpa saat saya teteskn dalam telinga saya trsa perih..apa akn tanbah bhaya..apa karena reaksi obat .

    roni71  dr. Rico N
    Dokter

    Banyak obat tetes telinga yang berisi antibiotika dan antiseptik akan menimbulkan sensasi rasa perih jika diteteskan. Hal itu diakibatkan pertemuan antara obat dengan jaringan yang mengalami kerusakan/lecet/erosi ataupun infeksi. Umumnya penggunaan obat tetes anda (berisi asam asetat glasial 2%) tidak berbahaya dan rasa perih selama beberapa hari awal penggunaan merupakan efek samping yang  cukup sering dialami oleh penggunanya tetapi pada umumnya tidak berbahaya. Karena itu, beberapa preparat antibiotik tetes sering berupa preparat campuran  dengan bahan anestesi / zat pembuat baal sehingga sensasi perih/tidak nyaman tersebut dapat dikurangi. Anda dapat mengkolsultasikan obat tetes yang nyaman, aman, dan efektif dengan dokter spesialis THT. Karena biasanya pemakaian obat tetes yang anda kenakan hanya bermanfaat untuk mengatasi infeksi ringan di liang telinga luar dan kurang bermanfaat pada infeksi telinga tengah. Serta pada umumnya penggunaan obat tetes asam asetat glasial 2% harus dihindari lebih dari 1 minguu. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga membantu. Salam, dr. Rico Novyanto

    roni71  Jhon Izanaki
    Anggota

    Halo Dokter..!! Terimakasih atas artikel sebelumnya.. Terkait masalah telinga yg suda bernanah, senasib sama saya.. cuman bedaxa saya uda terlanjur lebih lama menderita sprti itu, skitar 20 tahun lebih. munkin salah satu aternatif trakhir, saya harus di operai. Tapi yang saya ingin taxakan dokter. Apakah nanti ada pengaruh di jaringan sel saraf otak saya, ketika telinga bernanah di biarkan lama seperti itu ??? karna dokter saya seblumxa mendiagnosa, "telinga saya tergolong bocor/suda habis di bagian kiri". Mohon Pencerahanya. Terimakasih dok seblumnya..!!

    roni71  Endi Gunawan
    Anggota

    Hallo Dokter Selamat siang Saya mau menanyakan dok Telinga saya awalnya sering saya bersihin, terus lama kelamaan terasa nyeri sebelah kiri tidak lama kemudian sebelah kanan juga ikut nyeri, nah setelah bbrapa -+ 2 minggu sebelah kiri sembuh tapi. Sebelah kanan berasa seperti ada sesuatu dok didalam telinga saya, dan berasa penuh saya korek ada sdikit cairan agak butek, tapi setiap saya tidur telinga sebelah kanan saya berasa penuh banget dalamnya dok itu penyebabnya kenapa ya dok dan apa solusinya Terima kasih dokter...Salam sukses selalu...

    roni71  Nanda
    Anggota

    dok.obat tet

    roni71  Nanda
    Anggota

    dok.saya juga sudah 20 tahun menderita penyakit omsk.setiap kambuh dan telinga saya keluar sekret,saya memakai obat tetes telinga TARIVIT .sudah bertahun2 saya pakai obat itu tapi penyakit saya hilang timbul keluar sekret.apa ada efek samping dari obat tetes yang saya pakai itu dok?.mohon solusinya..