Tanya Dokter

  • Telinga terasa penuh

  •  riflatul ulfa
    Anggota

    Selamat sore dok.. Saya ulfa ,usia 20th Selama 1 bulan ini telinga kanan saya terasa penuh,saya sudah periksa ke puskesmas dan di ksh obt tetes..tetapi tdk bnyk dampak yg saya rasakan dok,awalnya telinga kanan saya bersengung saat saya mau tidur.. Sekarang telinga kiri saya juga terasa penuh dok.. Dan skrng ,jika saya berbicara suara saya seperti di dalam dok tdk keluar(walau orng lain mendengar suara saya) ini membuat saya sngt tidak nyaman dok..untk berbicara. Dan pendengaran saya pun terganggu(orng lain kl berbicara dgn saya hrs sedikit keras)agr saya bs mendengar dgn jelas Oya dok,jika saya mengunyah makanan yg lunak atau yg keras.jika orng lain berbicara,saya tdk begitu mendengarnya dok alhasil saya hrs berhenti dlu mengunyah.agar bisa mendengar. Apa yg hrs saya lakukan dok? Take record-kotoran telinga saya kental dok Terima kasih sebelumnya Saya sangat menantikan penjelasan dari dokter.

    Halo, Telinga yang penuh dapat disertai gejala-gejajal lain seperti berkurangnya pendengaran, telinga berdenging, telinga yang nyeri, demam, pilek, bersin. Penyebab paling umum dari telinga terasa penuh adalah adanya sumbatan telinga oleh serumen atau kotoran telinga. Penyebab lain yang mungkin adalah:

    Penanganan telinga yang penuh disesuaikan dengan penyebabnya, yaitu:
    • irigasi telinga (spooling), dilakukan di dokter THT
    • antibiotik
    • antiinflamasi
    • ekstraksi benda asing
    Sebaiknya Anda konsultasi dengan dokter THT mengenai keluhan Anda tersebut. Dokter akan memeriksa telinga Anda dan melakukan tindakan jika diperlukan. Hindari juga mengorek telinga dalam menggunakan cotton bud karena berisiko mendorong kotoran telinga sampai ke dalam. Artikel ini dapat membantu Anda: Membersihkan telinga dengan tepat Semoga jelas ya, dr.Miranti Iskandar      

    Kalau saya sudah hampir 1 Bulan telinga saya berasa penuh. Dan lama kelamaan rahang mulut kanan saya terasa sakit. Kenapa ya dok?