Tanya Dokter

  • Sensasi hembusan angin pada telinga kiri

  • Siang dok mau tanya.. kenapa yaa kuping saya suka ada bunyi seperti angin atau hmbusa nafas gtu di bagian sebelah kiri. Jika saya tiduk membalik ke sebelah kiri suara itu terdebgar tapi kalo saya membalik ke sebelah kanan suara itu gaada.. tapi jika saya beraktifitas suara itu tidak terdengar cuman pas waktu berbaring membalik ke sebelah kiri saja dok. Terima kasih. Semoga dokter mengerti yang saya maksud
    Anggraeni Lince  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Anggraeni,

    Sensasi timbulnya hembusan udara/angin yang terdapat pada telinga kiri merupakan keluhan yang dapat terjadi karena memang terdapat saluran yang menghubungkan saluran nafas dengan liang telinga. Saluran ini disebut saluran eustachius (eustachian tube) yang terdapat pada nasofaring (daerah antara hidung dan tenggorokan). Saluran ini umumnya menutup, namun dapat membuka bila terdapat gerakan tertentu seperti mengunyah atau menguap.

    Hal ini akan lebih mungkin terjadi bila gendang telinga Anda tidak utuh (sudah pecah), yang dapat terjadi akibat trauma, luka ataupun infeksi. Gendang telinga yang tidak utuh memungkinkan udara untuk mengalir memasuki saluran nafas melalui gendang telinga.

    Bila kondisi tersebut membuat Anda tidak nyaman atau membuat Anda khawatir maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terkait kondisi tersebut agar mendapat penjelasan yang mendetail mengenai hal ini. Agar mendapat penjelasan yang optimal, saya sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter spessialis THT (telinga hidung dan tenggorokan).

    Berikut anjuran terkait keluhan Anda :

    • Kelola stres dengan bijak
    • Hindari mengorek telinga atau memasukan benda kedalam telinga
    • Jagalah kebersihan telinga Anda secara umum
    • Segera periksakan diri Anda kedokter bila keluhan menetap atau memburuk
    • Semoga bermanfaat,

      dr. Budiono