Tanya Dokter

  • Hubungan intim saat menstruasi

  • Hay dok selamat siang, saya ingin bertanya seputar kehamilan, dok saya berhubungan intim dengan suami saya pd tgl 30sept , dan saya sempat telat selama 22hari saya mencoba tespek hasilnya negatif,dan sudah 2 hari ini saya mensturasi tapi tidak keluar darah banyak seperti biasanya dan tadi malam saya melakukan hubungan lagi, tapi hari ini masih keluar darah dok,,apakah kemungkinan saya hamil dok?

    Dear Nidha, Hubungan seksual yang dilakukan saat menstruasi kecil kemungkinan untuk terjadinya kehamilan karena cukup jauh dari masa subur. Masa subur dihitung 12-16 hari sebelum hari pertama menstruasi berikutnya. Untuk itu diperlukan data berupa:

    • hari pertama menstruasi terakhir
    • rata-rata siklus menstruasi perbulan (tiap berapa hari sekali)
    Anggaplah Anda mulai menstruasi tanggal 24 Oktober dan siklus menstruasi Anda 30 hari, maka perkiraan hari pertama menstruasi berikutnya adalah tanggal 23 November. 23 November dikurangi 16 hari = 7 November 23 November dikurangi 12 hari = 11 November Jadi perkiraan masa subur Anda tanggal 7-11 November.Perhitungan ini hanyalah perkiraan tidak dapat dijadikan patokan. Anda dapat membaca selengkapnya artikel berikut: Menghitung masa subur Tips jitu cepat hamil Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Rony Wijaya