Tanya Dokter

  • payudara sering sakit dan bengkak sejak kembali pakai KB suntik

  •  Hery Widianto
    Anggota

    dok,saya umr 25 sudah punya anak umr 4thn,selama itu saya pke kb suntik,baru bulan kemarin saya ganti pke pil krna kta bidan sudh kelamaan,dianjurkan ganti pke pil selama 1bln tpi sya tdk thn sma efeky,ganti lgi skrng pke sntik yg 1bln,tpi akhr2 ini payudra sya kok trasa skit klo dipeggang jga tpi g bengkak dok,perut jga sakit bgian bwah tpi kdang2,apkah itu petnda hamil ya dok,,mkshh sblmy

    Halo,   Keluhan yang Anda rasakan bisa saja disebabkan karena penggantian KB Anda. Jika Anda masih melakukan KB secara teratur sesuai anjuran maka kemungkinan Anda hamil sangatlah kecil. Adapun keluhan efek samping dari pil KB antara lain adalah :

    1. Payudara terasa tegang dan sensitif.
    2. Sakit kepala -Pusing
    3. Mual - muntah
    4. Flek / spotting
    5. Jerawat
    6. Penambahan berat badan.
    7. dll.
    Anda bisa melakukan pengetesan testpack pagi hari untuk mengetahui kemungkinan Anda hamil. Biasakan tubuh Anda beradaptasi dengan metode KB yang Anda pilih untuk sementara waktu. Jika keluhan menetap > 3 bulan maka segera hubungi dokter kandungan Anda untuk mengetahui penyebabnya dan memilih metode kontrasepsi terbaik untuk Anda. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi