Tanya Dokter

  • Ganti obat 3 kali, apakah berbahaya?

  • Mau tanya dok nyambung tadi Saya Sakit hari jumat minum (bodrex dan paracetamol) tapi gak efektif Terus ke klinik A hari ke-4 Dengan gejala rutin pagi sehat sore menggigil malam panas tinggi 40° di duga tifus dengan cek fisik (belum cek darah), Dikasih antibiotik lupa jenisnya tertinggal dikost 3x1 cuma dikonsumsi 2 hari... saya cek lagi di klinik B hari ke-6 ada lab tapi katanya petugas lab gak ada jadi cek sama terus dikasih antibiotik STRIMMIK DS 800mg 1x2, setahu saya ini obat khusus diberikan pada tifus yang sudah kronis (padahal perut saja belum sakit dan belum muntah apa gak berlebihan dok?) saya cuma konsumsi 2tab karena merasa gak cocok akhirnya hari ke-7 saya ke puskesmas Saya dicek darah positif tifus, Di Kasih antibiotik chloramex 500 4x1...sudah diminum Pertanyaan saya apakah ganti obat antibiotik 3x berbahaya? Dan obat yang saya konsumsi apakah aman...? terimakasih
    Fred New Clasher  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Fred,

    Konsumsi obat merupakan salah satu cara untuk mengatasi berbagai kondisi medis. Meskipun bermanfaat, pengunaan obat-obatan ini haruslah sesuai dengan indikasinya dan dilakukan secara rasional untuk menghindari berbagai efek samping yang dapat ditimbulkan akibat pengunaan obat. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi Anda untuk menginformasikan dokter perihal pengobatan yang sudah atau sedang Anda konsumsi sehingga dokter dapat mempertimbangkan penanganan lebih lanjut yang sesuai dengan kondisi Anda.

    Antibiotik merupakan golongan obat yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai kondisi medis yang berkaitan dengan infeksi bakteri. Antibiotik tergolong sebagai obat keras yang pengunaanya membutuhkan resep atau pengawasan dokter karena berpotensi menimbulkan efek samping baik yang ringan sampai dengan yang mengancam jiwa.

    Selain efek samping berbahaya, pengunaan antibiotik yang tidak rasional juga berpotensi menimbulkan resistensi atau kekebalan bakteri/kuman. Resistensi inilah yang menyebabkan infeksi terjadi secara berkelanjutan dan lebih sulit disembuhkan sehingga Anda membutuhkan obat-obatan lebih lanjut atau bahkan jauh lebih mahal dari pengobatan yang Anda lakukan sekarang.

    Bila Anda mendapat pengobatan dari dokter dan mengalami keluhan maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter yang merawat Anda dan tidak merubah pengobatan secara sendiri karena justru dapat menyebabkan keluhan Anda berlanjut. Tanyakanlah hal yang belum jelas dengan dokter Anda dan konsultasikan setiap keluhan yang Anda alami selama menjalankan pengobatan sehingga dokter dapat menentukan solusi yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda.

    Berikut anjuran untuk Anda :

    • Lakukan pengobatan sesuai anjuran dokter
    • Cukup istirahat
    • Tingkatkan asupan air putih, minimal 2-3 liter perhari
    • Konsumsi makanan sehat bergizi seimbang
    • Segera periksakan diri Anda kedokter bila keluhan menetap atau memburuk
    • Berikut artikel terkait pertanyaan Anda :

      Jangan sembarangan mengkonsumsi antibiotik

      Semoga bermanfaat,

      dr. Budiono