Tanya Dokter

  • Garis hitam di jempol tangan

  •  Cutezliaje
    Anggota

    Mlm dokter.. saya mempunyai garis hitam di kuku jempol tangan ,saya rasa dah hampir 15 thn garis garis hitam itu ada,apakah ini berarti saya ada penyakit melanoma dok?

    Halo,   Garis hitam di kuku belum tentu disebabkan melanoma. Garis hitam pada kuku bisa disebabkan karena :

    1. Melanonychia = terjadi pada orang kulit hitam (biasanya afrika dan negro) karena penimbunan melanosit (zat warna pigmen kulit) berlebih pada kuku. Merupakan varian normal dan bukan tanda keganasan. Bisa terjadi pada kaukasia (kulit putih) dan asian (orang asia) sekitar 10 %.
    2. Defisiensi nutrisi
    3. Trauma pada kuku
    4. Infeksi jamur
    5. Subungual melanoma = tanda keganasan pada kuku, merupakan tumor ganas pada kulit yang tumbuh dikuku.Sering menyerang jempol kuku tangan daripada jempol kaki. Terkadang diikuti perubahan warna kulit pada lipatan kuku menjadi kehitaman.
    Untuk mengetahui asal garis hitam yang Anda keluhkan maka ada baiknya jika Anda melakukan pemeriksaan ke dokter terdekat. Terutama jika pada keluarga Anda terdapat riwayat keturunan penyakit keganasan dan Anda merupakan orang yang sering terekspose sinar matahari (UV). Pemeriksaan darah, Biopsi Kuku dan jaringan sekitarnya bisa menentukan asal garis hitam yang Anda keluhkan tersebut. Baca topik Garis hitam di kuku pertanda apa? Semoga membantu.   dr. Yusi