Tanya Dokter

  • Penyebab garis merah pada skelera

  •  Febriani
    Anggota
    Dok, bila oada bola mata bagian (screla atas) ada garis merah urat apa itu iritasi atau kenapa ya? Soalnya saya tidak merasa mengganggu cara kerja mata tp penasaran sebabnya. Dan bagaimana cara Menghilangkannya? Terimakasih

    Haii Febriani,

    Barangkali yang Anda maksud adalah sklera mata atau bagian putih mata.

    Garis merah atau bercak merah yang tampak pada sklera dapat menggambarkan beberapa kondisi antara lain:

    • pelebaran pembuluh darah sklera akibat iritasi, benda asing
    • perdarahan subkonjungtiva (pecahnya pembuluh darah subkonjungtiva yang umumnya tampak sebagai bercak merah di sklera yang membuat penderitanya takut dan yakin bahwa itu kondisi serius, padahal sebenarnya perdarahan itu dapat menghilang sendirinya dalam 2-3 minggu)
    • pterigium : pertumbuhan jaringan fibrovaskular, biasanya tampak seperti selaput yang sering muncul dari ujung mata bagian dalam dan dapat mencapai pupil. Meski tampak seperti selaput, tak jarang menimbulkan kemerahan yang juga nampak seperti garis merah.

    Selama garis merah tersebut tidak menyebabkan gangguan penglihatan pada Anda, sebaiknya Anda tidak usah khawatir. Tidak ada pengobatan khusus yang dapat saya sarankan. Hanya saja, tetap kondisikan kedua mata Anda agar terhindar dari berbagai polutan yang dapat mengakibatkan iritasi. Hindari pula kebiasaan mengucek-ucek mata.

    Demikian, semoga bermanfaat

    Terima kasih