Tanya Dokter

  • Gastritis disertai sesak napas

  • Asslmu'alaikum dokter, saya penderita gastritis.. Sudah 1bulan ini dada saya merasa sesak nafas.. Padahal saya sudah mengkonsumsi obat2an dr dokter seperti yg gastrucid.. Pola makan sy sudah sy perbaiki, makanan yg sy konsumsi pun sy jaga.. Tp kenapa sesak nafasnya masih ada ya dok, pdhl mual, muntah, atau sakit perut sy sudah hilang semua.. Lalu terakhir sy BAB feses sy berwarna hijau, mengapa demikian dok? Dan apa yg harus sy lakukan agar sy tidak sesak nafas lagi?

    Hai, Sesak nafas yang dialami oleh seseorang dapat terjadi akibat berbagai sebab, diantaranya :

    1. masalah pada paru - seperti asma, pneumonia, efusi pleura
    2. masalah pada jantung - seperti gagal jantung
    3. masalah pada ginjal - seperti gagal ginjal
    4. masalah pada lambung - seperti penyakit asam lambung
    5. dan lainnya
    Penderita penyakit asam lambung (Gastro-esophageal Reflux Disease / GERD) umumnya mengalami rasa nyeri pada ulu hati disertai dengan adanya rasa panas seperti terbakar dan sesak pada dada. Hal ini diakibatkan naiknya asam lambung dari lambung ke kerongkongan, sehingga terjadi iritasi pada kerongkongan. Jika keluhan sesak nafas masih Anda alami, berikut merupakan beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencoba menguranginya :
    1. jangan langsung berbaring setelah makan
    2. berhenti merokok
    3. tidur dengan bantal yang agak tinggi
    4. hindari memakai pakaian yang terlalu ketat
    Mengenai feses yang berwarna hijau, hal ini masih tergolong dalam warna feses yang wajar. Warna feses kehijauan dapat terjadi akibat proses pencernaan yang terjadi lebih cepat dari biasanya dan akibat konsumsi makanan seperti sayur hijau dan pewarna makanan yang berwarna hijau.   Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.