Tanya Dokter

  • Waktu yang aman untuk hamil setelah 2 kali SC

  • trmksh dokter ats jawabannya,,oh iya kira2 dokter waktu yang aman utk saya bisa hamil lagi setelah op sc ke 2,karna ini pernikahan ke 2 saya dokter,jadi kita berdua pgn bgt pny ank tp sayang allah kmrn tdk berkehendak bayi km meninggal krn gastroschisis

    Halo, terima kasih sudah bertanya ke Alodokter

    Pertama-tama kami mengucapkan turut berduka cita atas kehilangan bayi Anda. Gastrochisis adalah suatu keadaan dimana usus bayi berada diluar tubuh tanpa lapisan pelindung yang diduga diakibatkan oleh kelainan pada gen atau kromosom bayi. Operasi SC atau caesar adalah metode yang digunakan untuk mengeluarkan bayi melalui operasi pada bagian perut dan pada umumnya dilakukan jika seorang ibu tidak dapat melahirkan secara normal karena terlalu beresiko. Namun caesar pun memiliki resiko yang tidak sedikit dan akan semakin meningkat jika dilakukan berulang kali. Beberapa komplikasi yang dapat timbul akibat operasi caesar adalah:

    • Perdarahan yang lebih banyak 
    • Menigkatkan resiko pada kehamilan berikutnya seperti jahitan rahim yang terbuka, plasenta yang menempel tidak pada tempatnya dan lain sebagainya
    • Infeksi pada luka bekas operasi
    • Efek samping dari anastesi yang dilakukan
    • Pemebukan darah dapat terjadi di dalam pembuluh darah
    • Gangguan pernapasan pada bayi
    • dan lain sebagainya

       

      Jika telah mengalami caesar sebanyak 2 kali, maka jaringan parut (jaringan bekas luka operasi) akan semakin banyak dan menempel dengan jaringan sekitarnya saat terjadi penyembuhan dan dapat membatasi pergerakan dari organ yang saling menempel. Prosedur untuk pembedahan caesar akan semakin rumit dan memakan waktu yang lebih lama untuk operasi berikutnya. Sebaiknya jarak antara operasi caesar berikutnya adalah 18-24 bulan, namun bukan merupakan patokan yang pasti sebab harus disesuaikan dengan kondisi ibu dan kehamilan itu sendiri.

      Sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke Dokter Spesialis Kandungan sebelum merencanakan kehamilan, agar dapat dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu dan mengetahui resiko dan kemungkinan komplikasi yang mungkin terjadi.

      Semoga bermanfaat.

      Salam,

      Dr. Christian Haryanto