Tanya Dokter

  • Gatal-gatal karena minum obat

  •  indrakeenam
    Anggota

    Kronologis Keluhan Saya 1.sekitar tanggal 25 maret saya mengalami demam, lalu saya mengkonsumsi obat anti masuk angin & flu seperti yg biasa saya minum jika mengalami keluhan yg sama. lalu membaik beberapa jam kemudian

    2. keesokan harinya saya berobat ke Tempat Berobat setempat untuk periksa. saya dikasih beberapa macam obat, saya lupa nama obatnya, salah satunya obat batuk hitam.

    3. setelah beberapa hari saya sudah sehat kembali, saya mulai mengalami gatal di punggung dan beberapa tempat lain. saya pikir gatal biasa. karena tidak meninggalkan bekas merah namun cukup mengganggu aktifitas.

    4. Saya sempat berfikir saya mengalami alergi obat, dan gatal semakin menjadi namun tidak meninggalkan bekas. kadang gatal tersebut hilang dengan sendirinya kadang muncul. Gatal yg saya alami paling parah hanya merah2 di kulit.

    5. sebulan kemudian saya mengalami demam lagi, penyebab demam karena kecapekan menunggui anggota keluarga yg opnam. lalu saya coba berobat ke dokter umum (beda dengan nomer 2) dan disuntik serta dikasih beberapa obat. selama 3 hari konsumsi obat. gatal di badan hilang sama sekali.

    6. setelah berhenti minum obat saya merasa gatal muncul kembali. saya berfikir mungkin alergi makanan. lalu saya coba berhenti makan ayam (notabene hampir tiap hari saya makan ayam) dan gatal semakin berkurang intensitasnya. seminggu libur ayam, saya coba kembali makan ayam dan beberapa saat kemudian langsung gatal. ada beberapa makanan lain yg saya coba jg gatal, daging sapi dan bebek. saya blm mencoba ayam kampung atau ayam rebus

    7. saya mencoba juga untuk puasa, dan intensitas gatal jauh berkurang saat berpuasa. saya juga mencoba minum air putih lebih banyak dari normal biasanya. saya ketika berolah raga berkeringat malah tidak mengalami gatal.

    8. selama mengalami gatal tersebut, saya tdk mengalami gangguan air kecil (warna normal, kuning/putih jernih, tdk terasa sulit).

    9. gatal pertama dialami di punggung, belakangan banyak di daerah yg kontak lgsung dg udara. tangan, kaki, kadang di pantat atau daerah kemaluan

    10. saya sudah berhenti merokok aktif lama sekitar 4 tahun, berhenti sama sekali sekitar 4 bulan terakhir. saya ngopi tapi tdk intens, saya juga tidak mengkonsumsi minuman beralkohol atau minuman berenergi. kadang-kadang saja soda

    11. mohon penjelasan dari dokter. terima kasih banyak

     

    indrakeenam  indrakeenam
    Anggota

    satu lagi dok 1. saya tdk pernah sebelumnya memiliki alergi apapun. baik dari cuaca, makanan ataupun obat. cuma saya tdk menyukai makanan tertentu seperti duren, ikan laut 2. berat badan saya 78 tinggi 162, masih sering olahraga 1x seminggu

    indrakeenam  indrakeenam
    Anggota

    gimana dok?

    Halo,   Gatal bisa disebabkan banyak faktor yang memerlukan pemeriksaan secara seksama untuk mengetahui apa yang menyebabkan keluhan gatal Anda. Mendiagnosa kelainan kulit sangatlah sulit untuk dilakukan tanpa pemeriksaab keluhan secara langsung. Anda bisa mencoba memeriksakan diri Anda ke dokter untuk mengetahui penyebab rasa gatal Anda, dokter akan menyarankan beberapa tes media terkait seperti tes darah, tes alergi (pin prick test), tes kerokan kulit dan tes urine dll jika diperlukan. Kemungkinan penyebab keluhan Anda adalah :

    1. Kulit kering.
    2. Penyakit sistemik seperti diabetes, gangguan tiroid dll.
    3. Penyakit kulit = infeksi virus, eksim dll.
    4. Efek obat.
    5. Alergi=  debu, makanan, kutu, bahan kontaktan, keringat dll.
    6. Iritasi kulit akibat bahan baju, penggunaan baju terlalu ketat dll.
    7. Infeksi jamur.
    8. Stress psikis.
    9. Higiene tubu yang kurng baik.
    10. Kontak dengan bahan kimia yang berulang.
    11. Kecemasan.
    12. Dll.
    Untuk mengetahui penyebab Anda maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter kulit setempat. Penanganan akan disesuaikan dengan penyebab keluhan Anda. Untuk mengurangi gatal, Anda bisa melakukan beberapa tips seperti :
    1. Mandi air dingin/ suam kuku.
    2. Hindari berendam dwngan air hangat terlalu lama.
    3. Gunakan pelembab hipoalergenik sehabis mandi.
    4. Lap kering seluruh tubuh secara merata sehabis mandi.
    5. Hindari faktor pemicu akergi Anda, jika Anda mengetahuinya.
    6. Minum obat pereda gatal seperti ctm, loratadin, cetirizin dll.
    7. Oleskan lotion calamin pada daerah yang gatal.
    Jika gejala berlanjut segera hubungi dokter Anda. Semoga membantu.   Dr. Yusi