Tanya Dokter

  • Penyebab kaki gatal hingga menghitam

  •  明彦明彦
    Anggota
    Halo dok..saya mau Bertanya..sudah beberapa hari ini..saya sering mengalami gatal di kaki bagian sebelah kiri saya dan setelah itu.ketika saya Garuk..kaki saya malah berbekas Hitam gitu dok..itu knpa penyebab dan apa obatnya ?
    明彦明彦  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo 明彦明彦,

    Keluhan gatal sangat banyak penyebabnya diantaranya  yaitu alergi, dermatitis kontak, infeksi jamur, iritasi kulit, infeksi parasit, kutu, kulit kering, gangguan saraf, stress, dn kondisi medis  tertentu seperti gangguan hati atau gangguan ginjal.

    Pada kasus gatal lokal seringkali disebabkan karena infeksi jamur, iritasi, atau dermatiti kontak. namun ntuk memastikannya diperlukan pemeriksaan oleh dokter. Adapun mengenai bekas garukan yang menghitam bisa disebabkan karena PIH / post inflammatory hiperpigmentation yaitu hiperpigmentasi kulit setelah terjadi peradangan.

    Untuk mengurangi  gatal, Anda bisa menggunakan bedak salicyl atau lotion calamin terlebih dahulu. Usahakan agar tidak menggaruk gatal, dan gunakan sabun yang hypoallergenic. Jika dengan cara di atas gatal tidak membaik atau ada lesi / luka, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar bisa diperiksa penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat. Penanganan akan disesuaikan dengan penyebabnya.

    Sementara itu untuk mengurangi bekas kehitaman akibat  garukan, Anda bisa menggunakan krim pencerah yang dijual bebas di pasaran. Sebenarnya bekas kehitaman bissa menipis / memudar seiring berjalannya waktu biasanya beberapa bulan tanpa penanganan khusus. Tetapi jika Anda ingin hasil yang lebih optimal Anda bsa berkonsultasi denan dokter kulit agar diberikan penanganan lanjutan missalnya dengan laser, chemical peeling, mesotherapy, atau mikrodermabrasi.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Kulit gatal
    Cara menghilangkan bekas luka

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y