Tanya Dokter

  • bentolan mengeluarkan cairan bening

  •  Theo Dwi
    Anggota

    Hi dok ,

    tolong bantu saya apakah penyakit saya ini berbahaya atau tidak . . .

    awal nya saya kira bentol karna di gigit nyamuk namun beberapaha hari kemudian bentolah tersebut mengeluarkan cairan bening gt dok ,

    dan udah gt bekas luka nya seperti lubang gt dok .

    kira kira knapa ya dok ??? Tolong bantu saya dok saya khawatir banget dengan luka sperti ini :(

    Hai,   Untuk memastikan kelainan kulit yang Anda derita berbahaya atau tidak maka pemeriksaan fisik akan diperlukan. Semua kelainan kulit harus didiagnosa setelah melakukan pemeriksaan fisik yang memadai. Sangatlah sulit untuk menilai kelainan kulit hanya berdasar konsultasi semata tanpa adanya pemeriksaan fisik. Bentol yang Anda maksud mungkin merupakan bilur / reaksi peradangan akibat kontak dengan sesuatu zat yang membuat reaksi alergi pada Anda. Pada saat terjadi peradangan normalnya akan terbentuk suatu reaksi pembengkakan ( bentol ) yang mungkin saja mengandung serum (cairan tubuh akibat penumpukan sel darah yang sebagian besar terdiri dari protein dan air yang timbul akibat reaksi alergi ). Adapun kemungkinan lain dari penyebab bentol tersebut adalah :

    1. Infeksi virus
    2. Bisul
    3. Jerawat
    4. Abses
    5. Dll.
    Untuk memastikan penyebab keluhan Anda maka segeralah periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan fisik yang seksama dan pemeriksaan lain jika perlu. Penanganan akan disesuaikan dengan kondisi medis yang Anda alami. Sementara itu untuk menghindari infeksi atau keluhan lain maka sebaiknya Anda merawat luka dengan cara :
    1. Menjaga kebersihan daerah yang bentol.
    2. Menutup daerah yang terbuka (lobang)
    3. Memberikan betadin untuk membersihkan luka.
    4. Mencegah garukan / tindakan lain pada daerah yg luka.
    Baca artikel Bentol di SINI. Semoga membantu.     Dr. Yusi