Tanya Dokter

  • gatal bagiam ke wanitaan

  •  Nabila Rahman
    Anggota

    Dok saya mau tanya vagina saya gatal udah 3 hrian, gimana ya dok mengatasi nya? Saya juga lagi menyusui apakah mempengaruhi?

    Hai, Cairan vagina dapat meningkat saat menyusui. Normalnya cairan vagina yang keluar tidak menimbulkan keluhan seperti gatal/ nyeri, bau tidak sedap, atau perubahan warna. Perlu diperhatikan jika terdapat gejala lain seperti gatal. Penyebab daerah vagina yang gatal diantaranya :

    • infeksi jamur
    • infeksi bakteri (vaginosis bakterial)
    • iritasi terhadap bahan kimia seperti sabun, tisu toilet beraroma, kondom
    • penyakit menular seksual misalnya trikomoniasis, klamidia
    Usahakan untuk menjaga kebersihan daerah vagina. Sebaiknya tidak menggaruk vagina yang gatal, dan tidak berhubungan seksual selama vagina masih terasa gatal. Tidak menggunakan celana yang terlalu ketat, dan ganti celana dalam setiap hari. Ganti celana dalam jika basah, sehingga tetap bersih dan tidak lembap. Selain itu, bersihkan dengan arah dari depan ke belakang setelah buang air kecil maupun buang air besar. Jika keluhan masih berlanjut, disarankan agar Anda periksa ke dokter. Pemeriksaan fisik dengan mengetahui riwayat kesehatan sebelumnya, serta tes penunjang jika diperlukan, dapat membantu untuk mengetahui penyebabnya. Sehingga penanganan yang tepat akan diberikan sesuai dengan penyebab dasarnya. Anda dapat membaca halaman Menangani vagina gatal.   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto

    Nabila Rahman  Nabila Rahman
    Anggota

    Saʏa ʝʊɢa ɮɛʟʊʍ aɖa ɦaɨɖ ɖօҡ,ʊɖɦ sɛҡɨtaʀ 1 taɦʊռaռ, saʏa ʝʊɢa asɨ ɛҡʟʊsɨʄ.. Saʏa sɛҡaʀaռɢ քaҡɛ քɨʟ ҡɮ ҡɦʊsʊs ʍɛռʏʊsʊɨ, ɢʍaռa ʏ ɖօҡ sʊքaʏa saʏa ɮɨsa ɖaքat ɦaɨɖ ʟaռċaʀ ʟaɢɨ?