Tanya Dokter

  • Gatal, bentol seperti digigit serangga

  •  Nurul Inawati
    Anggota

    Saya wnt usia 35th, baru 3bln melahirkan, pasca melahirkan ϑî sekitar perut,paha,kaki timbul bentol2 seperti. Digigit serangga, sy ksh mnyk kayu putih, bentolnya hilang. 3bln pasca melahirkan,muncul lagi bentol2 dipaha, lipatan lutut bag.belakang dan kaki,seperti a̲̅ϑǡ serangga Ɣªήğ menggigit dok, tp sy cek gak a̲̅ϑǡ bekas gigitan. Gatal dan bentol muncul seringnya pada saat saya berdiri dok,walaupun memakai celana panjang, tetap bentol. Θî ksh mnyk kayu putih ilang,,,namun mlm atau bsk pg muncul lg. Ini ΰϑαђ hampir2minggu dok...skt apakah ini? Saya ℳɑ̤̈̊šȋ̝̊̅н̲̣̣. Menyusui, ∂ªϑ! Gak berani mnm obt antihistamin. Gmn menghilangkannya? Gatalnya sangat mengganggu..kyk a̲̅ϑǡ Ɣªήğ gigit ϑî kulit dok. Trima kasih

    Hai,   Rasa gatal yang timbul paska melahirkan banyak dialami ibu ibu paska melahirkan. Beberapa penyakit yang sering dialami ibu ibu paska melahirkan adalah :

    1. Herpes gestasional = rasa gatal dan bercak kemerahan yang tidak menular dan akan sembuh sendiri. Bukan merupakan infeksi virus.
    2. Urtikaria = bentol pada perut, kaki dll pada ibu seperti biduran.
    3. Kloasma = timbulnya bercak kehitaman pada kulit ibu paska melahirkan
    4. Polimorphous eruption of pregnancy = seperti eksim yang timbul paska melahirkan dan sangat mengganggu. Disebabkan kulit yang kering dan sangat meregang sehingga terkadang dibutuhkan penanganan medis.
    5. Stretch mark = garis putih akibat peregangan berlebih kulit melampaui elastisitas kulit.
    Untuk pemastian  penyebab rasa gatal Anda maka pemeriksaan fisik oleh dokter akan diperlukan. Dengan begitu penanganan akan bisa diberikan secara tepat dan keluhan akan berangsur menghilang. Untuk mengurangi rasa gatal, Anda bisa melakukan beberapa langkah dibawah ini :
    1. mandi dengan air suam kuku
    2. Gunakan pelembab atau lotion calamin untuk mengurangi gatal
    3. hindari duduk / berdiri terlalu lama terutama duduk di bangku keras.
    4. Jangan menggaruk bentol. Usap / gosok ringan bagian yang terasa gatal.
    5. Banyak minum air putih.
    6. Jika sangat mengganggu dan banyak maka segera berkonsultasi dengan dokter Anda. Dokter Anda akan memutuskan apakah pemberian obat antihistamin diperlukan untuk menangani keluhan Anda.
    Menurut FDA, obat antihistamin yang aman untuk ibu hamil dan menyusui adalah chlorpeniramin maleate dan difenhidramin. Namun seperti obat lain pada umumya, pemberian obat ini tidak diindikasikan untuk pengobatan jangka panjang. Semoga membantu.   dr. Yusi