Tanya Dokter

  • Tertular penyakit gatal bernanah

  • Dok, apakah penyakit gatal bisa menular...? soalnya saya tadinya tidak merasakan gatal tapi setelah ada teman saya yang mempunyai penyakit gatal bernanah bekerja dengan saya,saya seperti tertular. terimakasi dok.

    Hai, Dapat ditularkan atau tidaknya gatal pada kulit sangat bergantung pada penyebab yang mendasari. Beberapa kemungkinan penyebab gatal kulit adalah:

    Pada dasarnya ruam kulit yang disebabkan oleh reaksi imun tubuh (eksim, reaksi alergi, iritasi kulit dll) tidak dapat ditularkan. Sedangkan ruam kulit yang disebabkan oleh infeksi (jamur, bakteri, virus dll) dapat ditularkan melalui kontak kulit maupun penggunaan barang-barang secara bersama. Gigitan tungau atau serangga dapat menyerang orang yang tinggal bersama melalui penggunaan benda yang dihinggapi tungau/serangga secara bersama-sama, misalnya kasur, bantal, guling, sofa dll. Munculnya nanah pada ruam kulit menandakan adanya infeksi sekunder oleh bakteri dan memerlukan pengobatan dengan antibiotik. Beberapa anjuran yang dapat dilakukan:
    • Menjaga kebersihan kulit agar tidak lembab namun juga tidak terlalu kering
    • Kenakan pakaian yang tidak terlalu ketat, terbuat dari bahan yang lembut serta dapat menyerap keringat dengan baik
    • Mengganti pakaian setiap kali sudah terasa lembab/basah
    • Hindari menggunakan barang pribadi secara bersama-sama (handuk, pakaian, sprei, selimut dll)
    • Membersihkan dan menjemur kasur, bantal, guling, selimut, dan sofa secara berkala
    • Hindari menggaruk area yang gatal untuk menghindari perlukaan dan iritasi kulit
    • Jika gatal terasa mengganggu dapat menggunakan losion calamin untuk meredakan gatal
    Jika keluhan yang dialami tidak kunjung membaik, disarankan agar Anda dapat berkonsultasi dengan Dokter untuk mengetahui penyebabnya. Diperlukan pemeriksaan secara langsung dan tatap muka oleh Dokter untuk menilai ruam yang muncul (lokasi, bentuk, ukuran, konsistensi dll). Jika diperlukan Dokter akan menganjurkan pemeriksaan penunjang seperti tes darah, kerokan kulit dan lainnya. Penanganan yang tepat akan dapat diberikan sesuai dengan penyebab yang mendasarinya. Baca laman artikel berikut: Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman