Tanya Dokter

  • Gatal yang menimbulkan bekas hitam

  •  Ade niagrawan
    Anggota

    Malam dokter:) Saya akhir ini sangat menderita dok;'( kenapa yah?tangan kaki paha itu dok semuanya gatal .tapi satu persatu .nanti walaupun tidak digaruk diusap saja dia tetap menimbulkn bekat hitam yg lama hilang dok seperti koreng.pertama gatal muncul bentolan merah kalo dipecahin keluar air.dan kadang juga gak tentu nanti gatal muncul kemerahan habis itu kalo digaruk jadi bekat koreng hitam;'( saya sebelumnya menghidap penyakit pruigiro dok atau darah manis.tapi tidak separah ini yg pernah terjadi beberapa bulan ini.minum anti biotik ilang tpi nanti ngulang lagi.rasanya minder dok kalo keluar;'( bukan kayak kulit orang lain itu mulus.saya kira diabetes tapi saya cek guladarah normal 112 umur saya baru 15th badan dah habis koreng semua dok;'( tolong saya dok.apa yg harus saya lakukan.rasanya kalo dah gatal emosi sekali dok kesal;'( tolong yah dokter dijawab;')

    Ade niagrawan  Tim Alodokter
    Dokter

    Hi, Gejala yang anda alami memang kemungkinan sama dengan penyakit anda sebelumnya (prurigo). Penyebab penyakit ini belum diketahui, tetapi biasanya ada pemicunya seperti alergi, gigitan serangga, infeksi, stres, dan lainnya. Sebaiknya anda cek ke dokter kulit anda untuk evaluasi penyakit. Perlu pemeriksaan perjalanan penyakit dan pemeriksaan fisik untuk memastikan penyakit anda sama seperti sebelumnya. Selain prurigo bisa saja gejala anda merupakan penyakit lain seperti:

    • Urtikaria pigmentosa (biduran dengan perubahan warna kulit)
    • Pemphigoid nodularis karena respon kekebalan tubuh
    • penyakit kulit lain seperti dermatitis dan sebagainya
    Saran saya untuk mengurangi gatal dapat menggunakan tips berikut:
    • menggunakan obat kortikosteroid oles untuk kulit yang gatal atau konsumsi antihistamin untuk mengurangi gatal seperti deksametason
    • mandi air dingin
    • menghindari penyebab munculnya gejala
    Selain itu ada topik mengenai prurigo di diskusi sebelumnya: Semoga membantu, dr. Dennis Jacobus