Tanya Dokter

  • gatal di kaki

  •  Aprilia Togh
    Anggota

    Pagi dok. Saya punya masalah dengan kedua punggung kaki saya. Disana terdapat kulit yang menebal, kering, berubah warna jd merah keunguan. Ketika dilihat dengan sinar matahari terlihat seperti ada putih-putih kulit mengelupas. Gatalnya tiba-tiba muncul begitu saja dan hilang begitu saja tapi ketika gatal sekali, ketika digaruk terdapat sensasi sangat enak namun ketika tangan berhenti menggaruk, terdapat lecet-lecet bahkan keluar darah. Saya coba pakai salep anti jamur namun tidak ada hasil hingga habis satu tube kecil salep jamur. Mohon penjelasan penyakit apa ini. Terimakasih dokter.

    Dear Aprilia, Keluhan gatal-gatal di kaki dapat disebabkan oleh:

    Sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit mengenai keluhan Anda agar dapat ditelusuri riwayatnya. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik secara langsung terhadap kelainan kulit yang ada. Pemeriksaan penunjang seperti kerokan kulit mungkin akan dilakukan dokter. Dokter akan menegakkan diagnosis dan memberikan terapi yang sesuai. Berikut tips yang dapat Anda lakukan:
    • jaga senantiasa kebersihan badan termasuk kaki
    • jangan menggaruk kulit yang terasa gatal, cukup mengusapnya jika tidak tahan untuk menggaruknya
    • gunakan sepatu atau alas kaki yang sesuai kontur kaki
    • usahakan agar kaki tidak dalam keadaan lembab
    Berikut laman yang dapat Anda baca: Risiko penyakit serius di balik gatal Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya