Tanya Dokter

  • Gatal di kulit vagina

  •  Julia Puspita
    Anggota
    Malam dok sudah 1 minggu kulit vagina tempat tumbuhnya bulu gatal dan bengkak seperti jerawat besar tapi tak berlubang.. Tapi jika di paksa di pencet keluar cairan seeperti darah agak kecoklatan. Apa penyebab dan bagaimana cara mengobatinya dok.. Terimakasih

    Halo Julia, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Timbulnya bintik seperti jerawat pada bagain atau area kulit sekitar vagina, dapat disebabkan oleh berbagai kondisi. Adapun beberapa kondisi yang dapat dipikirkan adalah sebagai berikut: 

    1. Adanya perangan atau infeksi pada folikel rambut atau folikulitis. Kondisi ini biasanya terjadi jika seseorang setelah melakukan pencukuran bulu atau rambut kemaluan
    2. Bisul. Infeksi pada kulit yang disebabkan oleh infeksi jerawat 
    3. Adanya jerawat, tidak menutup kemungkinan terjadi jerawat pada bagian in. Adanya sumbatan pori-pori kulit dan adanya infeksi dapat menyebabkan kondisi tersebut
    4. Kutil kelamin. Namun, bintik yang ditimbulkan biasany berwarna seperti kulit sekitarnya dan bitnik yag tumbuh berjumlah lebih dari satu.
    5. Infeksi virus. Salah satu yang dapat dipikirkan adalah adanya infeksi herpes. Adanya bintik yang berisi cairan. Gejala yang timbul dapat disertai dengan demam. 
    6. Dermatitis. Peradangan pada kulit akibat adanya iritasi akibat gesekan di sekitar kulit tersebut misalnya dari bahan pakaian dalam atau adanya penggunaan bahan pembersih yang mungkin menimbulkan iritasi. 
    7. Kista pada sekitar vagina. 

    Kondisi-kondisi di atas dapat menjadi penyebab kondisi Anda saat ini, namun tidak menutup kemungkinan adanya penyebab lainnya. Untuk menentukannya perlu pemeriksaan langsung oleh dokter. Disarankan untuk tidak memencet sendiri karena dapat menimbulakn infeksi sekunder dan memperburuk kondisi Anda. 

     

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

    Salam, dr. Tiwi