Tanya Dokter

  • Penyebab gatal berulang pada wajah

  •  Kiasa
    Anggota

    Siang dok, saya mau tanya. Jadi kalo yang dari saya ingat, sudah berjalan kurang lebih 8/ 6 bulanan ada beruntusan kecil kecil di muka saya, seperti melenting tp isinya bukan bening, warna putih seperti lemak, dan kalo beruntusannya sudah nyebar ke muka sangat gatal dok. Tetapi muncul beruntusan itu bukan setiap hari, misalkan senin kambuh, lalu kamis atau rabunya sudah mulai hilang. minggu depannya kembali seperti itu lagi. saya sudah konsul 2x ke dokter spkk, tetapi dokter juga masih blm bisa kasih jawaban, beruntusan itu dari mana. Semua krim muka yang saya pakai sudah disuruh stop, dan cuma pake salep anjuran dr dokter, tetapi sampe minggu lalu masih kambuh. Dokter bilang, kalo minggu depan masih timbul lagi saya diminta cek darah untuk tahu penyebab jelasnya. Kira2 penyebabnya dari apa ya dok? apa mungkin dari makanan juga? tetepi anehnya cuman timbul dimuka. Terimakasih dok

    Halo Kiasa.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan kulit yang Anda alami saat ini dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, diantaranya adalah : reaksi alergi, iritasi pada wajah, kulit wajah yang kering, kurang terjaganya kebersihan kulit wajah, reaksi ketidakcocokan penggunaan obat obatan, peradangan yang timbul oleh karena pemakaian perawatan wajah, dan lain sebagainya.

    Untuk mengetahui penyebab pastinya, maka segeralah melakukan kontrol sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh dokter spesialis penyakit kulit anda, sehingga segala sesuatu nya terang dan jelas.

    Tips untuk Anda : ikutilah saran dan pengobatan dari Dokter yang telah menangani anda, hindari menggaruk bagian wajah yang gatal, hindari seringnya menyentuh wajah dengan tangan, cucilah wajah dengan menggunakan produk perawatan wajah yang nantinya di berikan oleh dokter sesuai dengan anjuran, Hindari penggunaan produk perawatan wajah yang dijual bebas --- pakailah produk perawatan wajah yang nantinya diberikan dokter.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. jati