Tanya Dokter

  • Penyebab gatal di penis

  •  Icha cha
    Anggota
    Dok maaf mau tanya, penis saya gatal dk sama sperti ruam dan kemerahan.. Sepertinya sya terkontaminasi keputihan istri saya dok.. Yg di sebabkan krena jamur candida.. Sudah saya kasi obat salep miconazole beli di apotik tapi malah tmbh gatal dok... Gimana ini dok, saya lanjutin pakek salep apa gmna cara mengatasinya dok.. Trimakasih

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Infeksi jamur memang bisa mengenai penis akibat hubungan seksual atau karena kebersihan diri yang buruk. Gejala yang muncul seperti kulit kemerahan, gatal, terasa terbakar, kulit terasa lembab, dan muncul lendir keputihan. Jenis jamur yang paling sering menyebabkan infeksi ini adalah Candida.

    Sebagian besar kasus, terutama yang telah didiagnosis dini, memberikan hasil yang baik setelah pengobatan dengan krim anti jamur. Beberapa jenis krim anti jamur yang sering digunakan yaitu miconazole, imidaziole, dan clotrimazole. Pada kasus yang lebih parah terkadang memerlukan pengobatan anti jamur oral misalnya fluconazole.

    Jika Anda telah mencoba krim anti jamur namun belum memberikan hasil yang optimal, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter agar mendapat pemeriksaan secara langsung. Sehingga pengobatan yang tepat akan dapat lebih dini diberikan untuk menghindari komplikasi atau bertambahnya derajat keparahan penyakit yang mungkin dapat terjadi.

    Untuk sementara waktu usahakan untuk tidak menggaruk area yang gatal, tetap menjaga kebersihan area genital, tidak melakukan hubungan seksual sebelum dinyatakan sembuh oleh dokter atau menggunakan kondom saat berhubungan seksual.

    Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.