Tanya Dokter

  • Keputihan disertai gatal dan bau

  •  Lisa Luchia
    Anggota

    Dok saya mau nanya .. Umur saya 22th . Saya sering mengalami gatal di di area miss v.timbul keputihan berlebih, berbau tidak enak ..kadang terasa panas dok .. Saya menggaruknya dok trus muncul luka .. Apa sebaiknya di periksakan ke dokter dulu atau ada obat yang bisa mengurangi gatal dan bau tidak sedap dok yang harus saya komsumsi terlebi dahulu dok .. Mohon infonya .. trima kasih ..

    Hai, Cairan vagina berguna untuk membawa keluar sel-sel mati dan bakteri sehingga dapat menjaga kebersihan vagina. Normalnya, cairan yang keluar berwarna bening hingga keputihan, tidak berbau, dan tidak menimbulkan gatal atau perih. Jika muncul keputihan dengan karakter yang berbeda, seperti jumlahnya berlebihan, perubahan warna, bau tidak enak, dan terasa panas, sebaiknya waspada karena dapat menjadi tanda dari suatu infeksi atau terjadi iritasi. Berikut ini terdapat beberapa penyebabnya:

    • infeksi bakteri (bakterial vaginosis)
    • infeksi jamur
    • penyakit menular seksual, seperti trikomoniasis, klamidia
    • iritasi misalnya terhadap sabun, pelembut pakaian, atau produk pembersih organ intim
    Usahakan untuk menjaga kebersihan daerah vagina (organ intim). Sebaiknya tidak menggunakan panty liners dan produk pembersih vagina terlalu sering. Hindari menggunakan celana yang terlalu ketat. Segera ganti pakaian dalam jika basah atau berkeringat. Disarankan agar Anda periksa dahulu ke dokter. Pemeriksaan fisik dengan mengetahui riwayat kesehatan sebelumnya serta tes penunjang yang diperlukan dapat membantu untuk mengetahui penyebabnya. Sehingga penanganan yang tepat akan diberikan sesuai dengan penyebab dasarnya. Anda dapat membaca halaman Tanda-tanda ketidaknormalan cairan vagina.   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto

    Lisa Luchia  Aii Agusstini
    Anggota

    dok saat ini saya sedang hamil 6 bln ,, slma bbrapa blan terakhir sya mngalami keputihan ,, berwarna putih bercampur bening ,, namun berbau kurang sedp aplagi stelah brhbungn dngn suami ,, sya sdah cba tnykn pda bidan nmun ktnya tdk apa" sya dsruh pke rbusan sirih ,, sdah sya cba tpi tdak mmbantu ,,cairan v sya ttap bau .. Apa pnyebab dan cara mengurngi bau ny trus trang sya terganggu dn rsih aplgi saat brhbngan dngan suami .. ?? Mohon infonya ..

    Hai, Cairan vagina yang dihasilkan oleh leher rahim (serviks) bermanfaat untuk menjaga kebersihan vagina. Saat kehamilan, jumlah cairan vagina bisa semakin banyak. Jika cairan vagina beraroma tidak sedap, berubah warna, atau menimbulkan gatal, sebaiknya Anda segera periksa ke dokter. Hal ini bisa menjadi tanda infeksi jamur, bakteri, atau parasit (trikomoniasis), dan diperlukan penanganan/ terapi yang tepat agar tidak mempengaruhi janin dan kondisi kehamilan. Hal-hal berikut dapat dilakukan untuk mencegah infeksi:

    • Hindari penggunaan produk pembersih vagina atau yang beraroma
    • Cuci tangan sebelum dan setelah menyentuh organ genital
    • Sebelum berhubungan seksual, sebaiknya vagina sudah memiliki pelumas yang cukup
    • Bersihkan dari arah depan ke belakang setelah buang air kecil atau besar
        Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto