Tanya Dokter

  • gatal di selangkangan

  •  wawa
    Anggota

    Dok. Saya umur 24. Berat badan 65 tggi 155 (gemuk). Saya sering gatal di selangkangan. Pdhal sy sudah rajin ganti celana dalam dan membersihkan organ kewanitaan saya. Gatal itu muncul awalnya sedikit lalu ketika saya garuk kemudian menjadi jadi hingga sering luka dan skrg selangkangan saya cenderung hitam. Saya tdk ada riwayat sex bebas. Hal ini saya rasakan sudah setahun lebih. Apakah ini karna kebiasaan menggaruk sy yg tdk bisa ditahan atau bagaimana. Soalny bagian tubuh lain jika gatal sy juga seringkali menggaruk hingga luka. Saya tdk bisa menahannya. Apa yg harus saya lakukan. Kemudian obat apa (merk) yg bisa mengurangi gatal tsbt. Dan apa yg harus saya lakukan untuk mengurangi hitam di selangkangan saya?. Terimakasih banyak dokter.

    Hai, Gatal pada selangkangan yang Anda alami kemungkinan merupakan suatu Kurap/infeksi jamur. Area lipatan pada tubuh (selangkangan, ketiak, lipatan payudara, belakang lutut dan sebagainya) merupakan daerah yang rentan mengalami infeksi jamur karena kondisinya yang lembab. Ditambah dengan faktor lingkungan dan cuaca yang panas (sehingga mudah berkeringat) menyebabkan jamur tumbuh dengan subur pada kulit. Pengobatan jamur dapat dilakukan dengan pemberian obat anti-jamur baik dalam bentuk topikal/salep maupun obat oral/tablet. Pengobatan jamur memerlukan kesabaran karena efek perbaikan baru terlihat setelah pengobatan berlangsung 1-2 minggu. Setelah keluhan membaik pengobatan sebaiknya tetap dilanjutkan hingga 2 minggu setelah gejala hilang agar infeksi jamur hilang sepenuhnya. Dalam menangani infeksi jamur juga diperlukan disiplin diri untuk tidak menggaruk kulit yang gatal. Garukan akan menimbulkan iritasi dan luka pada kulit, hal ini dapat menyebabkan infeksi jamur masuk lebih dalam sehingga semakin sulit diobati. Bekas kehitaman yang timbul disebabkan oleh peradangan dan iritasi jangka panjang akibat garukan. Pada beberapa kasus bekas kehitaman dapat memudar dengan sendirinya seiring dengan teratasinya peradangan dan iritasi kulit. Namun pada kasus lainnya di mana bekas kehitaman sulit hilang, dapat dilakukan tindakan seperti chemical peeling ataupun aplikasi obat topikal/krim yang dapat memudarkan bekas kehitaman. Beberapa anjuran yang dapat dilakukan:

    • Menjaga kebersihan organ intim
    • Membersihkan dan mengeringkan area selangkangan dan sekitarnya setiap kali setelah mandi atau ke toilet
    • Mengenakan celana dalam dengan bahan yang lembut dan tidak terlalu ketat
    • Ganti celana dalam setiap kali sudah terasa lembab dan basah
    • Hindari menggaruk area yang gatal untuk mencegah iritasi dan perlukaan kulit. Jika gatal terasa mengganggu redakan dengan mengusap atau menggosok dengan lembut
    • Mandi dengan air dingin akan mengurangi rasa gatal
    • Hindari menggunakan barang pribadi bersama-sama (handuk, pakaian, sprei, dll)
    • Segera cuci pakaian dalam, pakaian, dan handuk setelah digunakan
    Mengingat keluhan sudah berlangsung lama sebaiknya Anda memeriksakan diri ke Dokter. Diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung (tatap muka) oleh Dokter untuk menilai keluhan yang timbul (apakah disertai kemerahan, bentol dan lainnya). Jika diperlukan Dokter akan menganjurkan pemeriksaan penunjang yang diperlukan seperti tes kerokan kulit dan lainnya. Penanganan yang tepat akan diberikan sesuai dengan kondisi yang mendasarinya. Penjelasan selengkapnya baca laman artikel berikut: Apa penyebab gatal pada selangkangan? Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman  

    wawa  wawa
    Anggota

    Terimakasi dokter penjelasannya sangat rinci dan memuaskan sekali. Sya tidak pernah ada kemerahan atau bentol. Sekali ya kemerahan muncul itu akibat garukan saya hingga tjd luka. Saya akan berusaha untuk mendisiplinkan diri tdk mengaruk. Jika setelah mengubah kebiasaan masih tjd saya akan lakukan anjuran untuk memeriksakan diri. Trmks, sukses selalu untuk dokter muliani dan juga maju terus alodokter. Siip mantap!