Tanya Dokter

  • Gatal di tubuh

  •  ghinaaaaa
    Anggota
    Dokter sayaa mau bertanya, tadi malam saya merasakan gatal di tubuh saya akibat berkeringat lalu saya mandi namun gatal masih terasa di beberapa bagian khususnya daerah kaki yang terasa sekali gatalnya sampai sekarang. Muncul bintik2 merah dan benjolan2 kecil di daerah yang gatal. Menurut dokter apa penyebabnya dan mengobati gatalnya?

    Adanya gatal pada seluruh tubuh disertau bintik-bintik merah dapat disebabkan oleh beberapa kondis, diantaranya adalah 

    • Dermatitis. Peradangan kulit dpat ditandai oleh kulit merah, kering, dan gatal bagi sebagian orang. Berbagai jenis dermatitis diantaranya adalah dermatitis atopi, yang disebabkan oleh paparan zat tertentu melalui makanan atau sentuhan langsung pada orang dengan riwayat alergi, yang akhirnya menyebabkan munculnya respon hipersensitivitas. Jenis dermatitis lain adalah dermatitis kontak iritan yang disebabkan oleh adanya iritasi dari zat tertentu, misalnya penggunaan detergen, sabun bahkan mungkin juga akibat racun dari gigitan serangga.
    • Kudis disebabkan oleh hewan tungau kecil yang tinggal di bawah lapisan kulit. Infeksi tungau menyebabkan kulit terasa sangat gatal (terutama pada malam hari) dan mucul ruam dengan lepuh kecil atau luka. Kudis sebaiknya diobati agar tungau dan telurnya mati. Jika tidak, tungau akan terus bereproduksi di bawah kulit dan menyebabkan lebih banyak luka dan gatal-gatal. Selain itu, tungau kudis dapat menyebar melalui kontak langsung dengan penderita, tidur di ranjang yang sama, atau berbagi handuk, pakaian, dan barang pribadi lainnya.
    • Cacar air juga dapat menimbulkan ruam dan blister merah pada kulit yang disertai rasa gatal dan munculnya cairan atau nanah. Penyakit yang disebabkan oleh virus varisela zoster ini sangat mudah menular.

    Bila kondisi ini berlanjut, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Penanganan tentu tergantung penyebab, pada kasus alergi, menghentikan paparan terhadap zat alergen akan mengurangi gejala, begitu pula pada kondisi akibat iritasi. Kemungkinan besar dokter akan memberikan obat antihistamin untuk meredakan gatal serta steroid topikal untuk mengurangi peradangan. Apabila penyebabnya adalah adanya infeksi parasit/tungau, harus diberikan obat oles yang dapat membunuh tungau. 

    Sekian, semoga bermanfaat

     

    Dr. Siti Rahmayanti