Tanya Dokter

  • gatal-gatal di punggung sampai pantat

  • dokter saya mengalami gatal gatal , pertama terasa gatal di bagian punggung sampai bagian pantat serta daerah selangkangan , rasa gatal semakin menjadi ketika berkeringat , saya sudah berkonsultasi ke dokter , katanya kulit kering dan hanya diberi lotion dan beberapa obat , tapi gatal nya tidak kunjung sembuh , ini terjadi beberapa luka , karena sering saya garuk dok , adakah lotion / cream yang bisa menghilangkan gatal dan supaya luka cepat kering ,

    Hai, Penyebab kulit gatal diantaranya adalah:

    • Kulit kering, misalnya karena cuaca dingin atau panas dengan kelembaban rendah, penggunaan jangka panjang dari pendingin ruangan, terlalu sering cuci/mandi.
    • Kondisi kulit, seperti psoriasis, jamur, ruam pada cacar air, gigitan serangga, eksema, dermatitis. Biasanya gatal muncul pada area kulit tertentu dan dapat disertai kemerahan atau iritasi pada kulit.
    • Iritasi dan alergi terhadap bahan sabun, kimia, kosmetik, maupun makanan tertentu.
    • Penyakit dari dalam tubuh, seperti gangguan hati, gangguan ginjal, anemia defisiensi besi, gangguan kelenjar tiroid, kanker. Gatal biasanya muncul pada seluruh tubuh.
    • Gangguan pada saraf, seperti diabetes melitus atau herpes zoster yang dapat menyebabkan gatal sesuai dengan persarafan.
    • Reaksi terhadap obat, misalnya antibiotik dan anti jamur.
    Untuk mengetahui penyebab yang pasti, diperlukan pemeriksaan fisik oleh dokter dan mengetahui riwayat sebelumnya. Jika ada dugaan karena terdapat kondisi medis yang mendasari, maka dapat dilakukan tes medis seperti tes darah. Untuk mengurangi rasa gatal sementara, dapat diberikan krim dengan pelembab tinggi, lotion yang mengandung calamin atau menthol, kompres dingin pada area yang gatal, obat yang mengandung antihistamin, serta usahakan tidak menggaruk sehingga tidak menimbulkan peradangan dan infeksi pada kulit, memilih sabun/ detergent yang lembut tanpa pewangi atau pewarna, menghindari bahan yang dapat menimbulkan iritasi atau alergi pada kulit seperti kosmetik, parfum, atau makanan tertentu. Penyebab pasti dari rasa gatal sebaiknya diketahui, sehingga dapat diberikan penanganan yang tepat.   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto