Tanya Dokter

  • gatal- gatal dan timbul bentol-bentol pada tubuh

  • dok, kemarin saya merasakan gatal2, saya terus menggaruknya , dan rasa gatalnya menyebar. sekarang timbul bentol2 dari yang ukuran kecil hingga cukup besar, jika berkeringat tambah gatal. apa penyebabnya dok dan bagaimana mengobatinya

    Hai Siti,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Gatal dan bentol-bentol di kulit yang semakin menyebar bisa jadi merupakan urtikaria (kaligata, biduran). Penyebabnya yang tersering adalah karena alergi. Ada berbagai macam zat yang bisa memicu alergi ini, di antaranya yakni karena dingin, tungau debu, bulu hewan, makanan laut, telur, atau obat tertentu. Semakin digaruk, gatal dan bentol bisa semakin menyebar ke area tubuh lainnya. Selain alergi, urtikaria bisa juga disebabkan oleh gigitan serangga, stres psikis, kondisi lingkungan yang tidak kondusif (misalnya terlalu panas, terlalu dingin, kualitas air buruk), atau karena gangguan imunitas (misalnya karena lupus, kanker, HIV/ AIDS, dan sebagainy).

    Di samping itu, gatal dan bentol sebagaimana yang Anda alami mungkin juga terjadi karena:

    • Infeksi, seperti karena miliaria (biang keringat), skabies (kudis), candidiasis (jamur)
    • Measles (campak)
    • Dermatitis kontak (peradangan kulit akibat kontak langsung dengan zat pemicu alergi atau iritasi)
    • Neurodermatitis (peradangan kulit kronis yang dipicu oleh stres)
    • Erupsi obat
    • Gangguan fungsi hati, dan sebagainya

    Penanganan yang tepat hanya bisa ditentukan setelah penyebab gatal dan bentolnya diketahui. Dan untuk mengetahui penyebabnya, Anda perlu memeriksakan diri secara langsung ke dokter. Jika perlu, dokter akan melakukan tes alergi atau laboratorium. Dan bila benar keluhan yang Anda alami disebabkan oleh alergi, maka dokter akan meresepkan obat-obatan anti alergi, anti gatal, dan sebagainya.

    Sebagai langkah awal, Anda sebaiknya mengamati, apa kira-kira yang memicu keluhan Anda sebelumnya, lalu berusahalah sebisa mungkin menghindari pencetus tersebut. Hindari menggaruk kulit yang gatal secara berlebihan karena berisiko menyebabkan luka dan iritasi kulit. Rajin mandi lalu kenakan pakaian yang berbahan lembut, longgar, dan menyerap keringat. Untuk meredakan gatalnya, sementara Anda bisa menggunakan bedak salycil atau lotion calamine.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah