Tanya Dokter

  • Obat untuk gatal-gatal kulit

  •  garcia
    Anggota

    Salam dok..saya sedang berada di penjara..saya mengalami gatal2 yg sangat gatal..asalnya hanya kaki saja,tp sekarang menjalar dok..kalo kata orang sih penyakit penjara..obat yg disediakan klinik disini hanya CTM..itu sangat tidak mempan..yg saya mau tanyakan,obat apa yg paling ampuh untuk penyakit penjara ini dok..mohon dibalas..terima kasih Hormat saya Garcia

    Halo, Penyakit penjara, saya kurang paham apakah yang dimaksud dengan penyakit tersebut. Kemungkinan besar yang Anda maksud adalah penyakit kudis atau scabies. Penyakit ini sering dialami oleh orang yang hidup dalam lingkungan berkelompok seperti asrama, pesantren, atau kos. Scabies disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei. Tungau ini berukurang sangat kecil, menimbulkan rasa gatal di kulit, dan timbul bintik-bintik beserta terowongan yang dibentuk oleh tungau. Biasanya scabies nampak di daerah sela jari tangan, lipat ketiak, siku. Gejala scabies adalah sebagai berikut:

    • Gatal, terutama pada malam hari, atau pada cuaca lembap dan panas
    • Muncul bintik-bintik, bisa padat maupun berair, yang terhubung dengan bintik panjang seperti terowongan pada kulit.
    Prinsip pengobatan pada scabies adalah mengobati secara serentak semua individu dalam satu kelompok tersebut, karena scabies sangat mudah menular dan menjadi infeksi bolak-balik. Pengobatan scabies, digunakan obat berikut:
    • Permetrin krim 5%, dioleskan keseluruh tubuh terutama pada area yang terkena, dibiarkan selama 10 jam, kemudian dibilas. Penggunaannya dapat diulang 5 hari setelahnya untuk membunuh larva tungau.
    • Gameksan 1%
    • Sulfur presipitat 4-20%
    Untuk memastikan apakah keluhan yang Anda alami merupakan sabies, sebaiknya Anda kembali menghubungi dokter yang bertugas disana. Jika obat-obatan terbatas, mungkin Anda dapat meminta tolong keluarga untuk membawakan obat-obatannya, dengan resep dari dokter tentunya. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga membantu. dr. Agatha