Tanya Dokter

  • gatal-gatal berair di tangan

  •  Robbi Aditya
    Anggota

    selamat pagi dokter , nama saya. Robbi , saya punya keluhan gatal gatal dok udah 2bln-3bln tak kunjung sembuh , awal nya hanya gatal2 di bagian paha dan tgn akibat gigitan tungaw di rumah sodara. , dan ketika berobat ke dokter agak mendingan dan agak kelamaan kambuh lg dan saking parah nya muncul gatal2 di paha bintik2 berkelempok dan di telapak tangan atau sela2 jari tangan terlihat bintik2 berair bening tapi tidak berbau , tapi terasa gatal klo lg dateng gatal nya , apa penyakit yg saya alami ? Apakah karena alergi atau karena virus ? Bagaimana metode penyembuhan nya agar bener2 sembuh dan tidak muncul lg ? Terimakasih dokter . Salam sehat

    Hai, Timbulnya gatal-gatal pada tubuh yang disertai dengan timbulnya bentol-bentol berisi air dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya :

    1. infeksi parasit - seperti skabies (kudis), pedikulosis
    2. infeksi jamur - seperti tinea (kurap)
    3. infeksi virus - seperti cacar air, herpes zooster
    4. miliaria (biang keringat)
    5. dermatitis kontak alergi
    6. dan lainnya
    Skabies / kudis adalah suatu kondisi yang disebabkan adanya infeksi kulit oleh tungau kasur. Penderita skabies memiliki beberapa gejala yang khas, diantaranya :
    • penyakit ini biasanya menyerang sekelompok orang, terutama yang tinggal serumah dan tidur dalam satu kasur
    • gatal-gatal memburuk terutama pada malam hari
    • terdapat bentol-bentol berisi air pada kulit dan gatal, biasanya timbul di sela-sela jari
    Namun, untuk menentukan apakah yang menjadi penyebab keluhan pada kulit yang Anda alami saat ini, Anda perlu untuk menemui dokter umum / dokter spesialis kulit secara langsung. Dokter perlu untuk melihat langsung bentuk lesi pada kulit serta persebarannya, melakukan pemeriksaan fisik, serta melakukan pemeriksaan penunjang lain yang diperlukan seperti tes kerokan kulit atau tes tinta. Pengobatan yang akan diberikan oleh dokter akan berbeda tergantung apa yang ditemukan menjadi penyebab dari kelihan kulit yang Anda alami saat ini. Namun, jika sebelumnya skabies yang Anda alami tidak ditangani dengan tuntas maka akan cenderung untuk terus menimbulkan keluhan. Berikut merupakan beberapa hal yang penting dilakukan untuk membasmi skabies :
    • cuci dan rendam sprei, sarung bantal guling, serta pakaian dengan air panas. Karena tungau tersebut tahan terhadap air biasa dan sabun.
    • jemur kasur dibawah terik matahari
    • jangan bertukar pakaian dan handuk
    • jangan menggaruk lesi kulit yang gatal
    • gunakan obat sesuai dengan petunjuk dokter, biasanya pengobatan diharuskan untuk semua orang yang tinggal bersama terutama menggunakan satu kasur
      Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari