Tanya Dokter

  • Gatal dan bentol sekitar kemaluan

  •  nisa hermawan
    Anggota

    dok saya wanita berusia 19 tahun dan belum menikah juga berhubungan badan, saya mengalami gatal gatal di bagian bokong dan lipatan dekat kemaluan seperti bentol bentol kecil. sakitnya sudah lebih dari 2 bulan dan sekarang gatal nya tak tertahan kan. apakah ini termasuk penyakit menular? karena ibu saya pernah juga merasakan gatal gatal (namun tak selama saya)

    saya sekarang hanya memakai krim untuk jamur dan pembersih area kewanitaan. saya juga pernah memakai dettol.

    jika di periksakan kedokter saya agak malu karena ini bagian sensitif. kalau boleh tau obat apa yang cocok untuk saya ya dok? 

    Nisa yang baik,

    gatal-gatal pada bagian selangkangan sejatinya dapat menjadi keluhan yang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Daerah selangkangan, seperti bokong dan sekitar kemaluan memang memiliki "iklim" yang berbeda pada bagian tubuh lainnya, dan oleh karenanya berbagai kemungkinan penyakit dapat terjadi. Adapun beberapa kondisi yang dapat menyebabkan gatal-gatal pada bagian bokong dan sekitar kemaluan meliputi :

    • infeksi cacing
    • adanya infeksi jamur pada kulit daerah selangkangan atau oleh keputihan
    • iritasi daerah kemaluan karena pemakaian produk pembersih kewanitaan
    • higienitas yang kurang terjaga
    • gigitan serangga atau kutu

    Sayangnya kondisi ini tetap harus diperiksakan secara langsung karena berbagai kemungkinan bisa saja mendasari rasa gatal yang dirasakan saat ini, sehingga pengamatan secara langsung oleh dokter menjadi penting dalam menentukan diagnosis. Kami juga menganjurkan untuk menghentikan pemakaian produk-produk kewanitaan tanpa indikasi dari dokter karena beberapa produk cenderung merusak flora sekitar kewanitaan dan menimbulkan iritasi pada mereka yang cenderung sensitif terhadap produk tersebut. Lebih jauh mengenai topik ini berikut kami lampirkan artikel mengenai penanganan gatal pada daerah selangkangan. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief