Tanya Dokter

  • Gatal-gatal pada kulit

  •  Rana Hisanah
    Anggota
    Sore dok, saya mau tanya. Saya mempunyai masalah kulit pada leher dan lengan atas.. Bentuk nya seperti benjolan kecil yg sangat banyak (seperti benjolan gigitan nyamuk, tetapi berbeda). Benjolan ini sangat gatal, saya berinisiatif memberinya bedak bayi, tetapi saat tidak diberi bedak gatalnya mulai kambuh, dan sangat parah setelah berolahraga (sampai muncul ruam2 di sekitar benjolan). Jika digaruk akan meninggalkan bekas seperti bekas gigitan nyamuk pada umumnya. Kata ortu saya, dulu sewaktu kecil saya juga seperti ini tetapi tempatnya di kaki. Pertanyaan saya apakah ini penyakit atau gatal2 biasa? Bagaimana penanganannya?

    Rana yang baik,

    gatal-gatal disebabkan oleh beredarnya zat bernama histamin dalam darah. Histamin merupakan substansi yang dibentuk dari pemecahan sel darah putih dalam tubuh ketika tubuh terpapar alergen. Dengan kata lain keberadaan histamin mengindikasikan sebuah proses alergi dalam tubuh. Proses ini sendiri bisa timbul oleh karena :

    • infeksi oleh jamur, virus, atau bakteri
    • gigitan serangga
    • iritasi atau alergi kulit oleh produk atau bahan tertentu yang menempel di kulit
    • alergi makanan/minuman tertentu
    • pengaruh psikis

    Kulit yang gatal bisa dikurangi keluhannya untuk sementara dengan mengoleskan losion yang dijual bebas yang mengandung calamine dan zinc oxide tentunya dengan memperhatikan petunjuk pemakaian yang ada. Cobalah evaluasi kembali adakah penggunaan produk seperti losion, sabun, atau bahan pakaian yang memicu munculnya keluhan. Bila kondisi berlanjut jangan ragu memeriksakan diri ke dokter kulit. Berikut kami lampirkan artikel mengenai kulit gatal. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief