Tanya Dokter

  • Bintik pada penis dan terasa gatal

  •  ryan jericho
    Anggota
    dok mau tanya saya ada gatal-gatal di sekitar batang kemaluan saya. saya menduga itu lichen nitidus karena ada bintik-bintik kecil yang gatal dok, apa boleh saya mengoleskan elocon di sekitar batang kemaluan saya yang gatal ? atau tidak dianjurkan ?

    Hallo Ryan Jericho

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Perlu anda ketahui bahwa penyebab bintik pada penis cukup banyak. Saya kurang paham bagaimana anda bisa langsung yakin bahwa kondisi yang menyebabkan kemunculan bintik pada penis anda adalah Lichen nitidus, karena memang kondisi ini adalah kondisi yang unik dan jarang terjadi. Lichen nitidus sendiri ditandai dengan munculnya bintik kecil berkelompok pada kulit yang sewarna dengan kulit dan dengan puncak bintik yang terkesan datar, dimana kondisi ini terjadi karena inflamasi atau proses peradangan berlebihan pada sel kulit, namun penyebab peradangan ini sendiri tidak diketahui. Lichen nitidus ini jarang menyebabkan keluhan atau nyeri pada penderitanya dan biasanya akan hilang sendiri tanpa pengobatan. Untuk dapat mendiagnosa kondisi ini sendiri perlu dilakukan pemeriksaan biopsi terhadap bintik kecil yang muncul pada kulit. Hal inilah yang menyebabkan anda harus memeriksakan diri terlebih dahulu pada dokter kulit untuk dilakukan pemeriksaan secara seksama mengenai kondisi gangguan kulit yang anda alami. Selain karena lichen nitidus ini, masih ada kondisi lain yang bisa menyebabkan munculnya bintik-bintik pada kulit penis, yaitu:

    • Infeksi tungau seperti skabies
    • Infeksi jamur seperti kandidiasis
    • Infeksi virus seperti herpes, cacar air
    • Infeksi bakteri
    • Pearly penile papul atau bercak-bercak berwarna keputihan pada penis
    • Dermatitis atau peradangan pada kulit yang dapat disebabkan karenaa sentuhan dengan bahan penyebab alergi (misalnya serat kain celana dalam) atau karena kontak zat-zat kimia iritatif (seperti parfum, sabun, dan produk kecantikan lainnya)
    • Penyakit menular seksual (sifilis dan penyakit lain)
    • Penyebab lainnya

    Yang perlu anda ketahui, sebagian besar kondisi infeksi akan memberat jika daerah kulit yang terinfeksi dioleskan dengan krim golongan steroid (seperti penggunaan elocon yang anda tanyakan), sehingga saya tidak menyarankan anda menggunakan krim elocon ini sebelum dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap kondisi gangguan kulit yang anda alami. Sehingga hal utama yang bisa anda lakukan saat ini adalah dengan menjaga kebersihan daerah kemaluan anda. Gunakan obat pengurang rasa gatal jika diperlukan (golongan antihistamin, seperti cetirizine).

    Sebaiknya segera periksakan diri anda pada dokter terdekat.

    Semoga jawaban ini membantu anda.

    dr. Aldy Valentino