Tanya Dokter

  • gatal gatal saat cuaca dingin

  • salam dok, kulit saya terutama leher, dada, dan punggung selalu gatal-gatal bentuknya bentol-bentol seperti di gigit nyamuk dan merah . itu terjadi saat suhu berubah saja misalnya dari siang ke malam atau pada saat hujan. saya pernah makan obat dari apotik, 1 minggu sembuh (tidak gatal) namun setelah 1 minggu gatal-gatal tersebut muncul lagi. kira-kira penyebabnya apa dok? alergi atau bagaimana? apa bisa disembuhkan?

    Halo,

    Reaksi kulit terhadap paparan dingin berupa bentol melebar yang terasa gatal dapat saja merupakan gejala alergi dingin yang istilah medisnya disebut dengan urtikaria dingin. (Info lengkap mengenai hal tersebut dapat Anda baca di sini )

    Meskipun demikian, untuk mengkonfirmasi hal tersebut tentu saja diperlukan pemeriksaan dokter secara langsung terhadap karakteristik ruam/ bentol yang dialami oleh Anda.

    Jika memang benar yang Anda alami adalah urtikaria maka langkah yang terpenting adalah mengenali faktor yang menjadi pemicunya agar dapat dihindari. Faktor yang dapat menjadi pemicu alergi dapat dibaca di sini . Penting untuk mengetahui apakah memang disebabkan oleh cuaca dingin ataukah terdapat pemicu lainnya yang kebetulan terjadi saat perubahan cuaca tersebut (misalnya gigitan serangga, makanan, dll).

    Hal yang sebaiknya Anda lakukan untuk mengatasinya :

    • Mengenakan pakaian tertutup untuk melindungi dari paparan dingin
    • Segera hangatkan tubuh setelah terpapar dingin
    • Untuk mengurangi gatal dapat menggunakan calamine lotion/bedak salisil
    • Jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap debu dapat dengan mengenakan masker ketika keluar rumah dan menjaga kebersihan rumah ketika berada di dalam rumah.
    • Jika Anda curiga ada kaitan dengan gigitan serangga maka dapat dilakukan tindakan pencegahan seperti misalnya dengan mengoles lotion penolak serangga, memakai kelambu, memasang kassa antinyamuk pada ventilasi dan lain-lain (selengkapnya dapat dibaca di sini )
    Periksakan diri Anda ke dokter untuk mengetahui apakah benar yang Anda alami merupakan bagian dari reaksi alergi sebab harus diperiksa langsung untuk dapat memastikannya. Tingkat keparahan alergi seseorang berbeda-beda sehingga konsultasikan mengenai pemilihan obat dan dosis obat Anda dengan dokter yang memeriksa Anda. Hindari konsumsi obat tanpa didahului dengan pemeriksaan dokter. Jika perlu, dokter dapat menyarankan pemeriksaan tambahan lainnya seperti misalnya tes alergi.

     

    Salam,

    dr.Debby Phanggestu