Tanya Dokter

  • gatal-gatal di selangkangan yang belum kunjung sembuh

  •  anonym
    Anggota

    Saya mulai mengalami gatal setelah malam pertama dengan suami. Awalnya gatal di selangkangan, kemudian berpindah ke pantat, juga menyebar hingga ke siku. Gatalnya bentol2 seperti gigitan nyamuk, tapi dengan gatal yg luar biasa. Karena suami saya punya riwayat penyakit gudik dan juga sesuai resep dokter, saya mengobatinya dengan salep scabimite, tp gatal tersebut tak kunjung hilang.

    Halo, Kudis atau skabies merupakan salah satu bentuk infestasi parasit, yaitu tungau Sarcoptes scabiei, di bawah lapisan kulit. Penyakit ini biasanya menyerang sekelompok orang yang hidup/ tinggal bersama, misalnya suami-istri juga anak atau mereka yang tinggal di asrama atau pesantren. Gejala yang dialami berupa ruam yang disertai gatal (terutama di malam hari) pada area tertentu, yaitu sela jari dan pergelangan tangan ataupun kaki, serta sekitar selangkangan (bokong dan organ intim) Penularan terjadi baik melalui kontak langsung dengan penderita ataupun tidak langsung melalui perantaraan pakaian, seprei, handuk, dan sebagainya. Oleh karena itu, pengobatan tidak hanya dilakukan pada satu orang, tetapi juga menyertakan seluruh anggota keluarga, juga peralatan di rumah yang bisa menjadi sumber infeksi. Diagnosis skabies ditegakkan oleh dokter setelah memeriksa gejala dan bentuk ruam di kulit. Jika diperlukan, dokter akan menganjurkan pemeriksaan tambahan di laboratorium, yaitu uji tinta dan/atau biopsi kulit. Penanganan umumnya berupa obat oles, yaitu permetrhrin 5%, yang digunakan dengan aturan khusus, yaitu :

    • dioleskan tipis-tipis mulai dari tepi bawah dari rahang bawah hingga ke ujung jari kaki (sekalipun tidak seluruh kulit terdapat ruam)
    • biarkan selama 8-12 jam tidak terkena air - dianjurkan dilakukan malam hari sebelum tidur
    • untuk mencegah kekambuhan, ulangi lagi prosedur di atas dengan memberikan interval 1 minggu
    Rasa gatal bisa berlangsung selama beberapa minggu setelah Anda menyelesaikan proses pengobatan. Hal ini disebabkan oleh reaksi alergi yang muncul terhadap tungau yang mati. Berikut tips mengurangi keluhan Anda :
    • mandi menggunakan air dingin
    • kompres dingin
    • oleskan bedak atau losion kalamin
    Bila keluhan tidak kunjung hilang setelah 14 hari atau ruam tampak semakin parah, ada baiknya berkonsultasi kembali ke dokter yang menangani Anda. Demikian, semoga bermanfaat dr.Lili

    anonym  anonym
    Anggota

    Gatal saya bukan ruam. Tapi bentol2 seperti gigitan nyamuk. bedanya bentol karena gigitan nyamuk terasa lunak seperti kulit sekitarnya, tapi bentol yg ini terasa agak keras dari pada kulit disekitarnya. Apa mungkin penyakit saya bukan scabies tp penyakit lain? Karena lokasi gatal di pantat juga selangkangan, saya jadi malu buat periksa langsung.