Tanya Dokter

  • Luka di kaki yang terasa gatal

  •  Qnana
    Anggota
    Tanya dokter, kaki saya ada koreng kecil ,gatal kalau kering...sering saya kelupas trus berdarah lagi....hal itu berulang terus tapilukanya tidak membesar juga tidak mengecil..sudah hampir 1 tahun...saya sudah pakai obat gatal dari daktarin sampai obat miconazol gak sembuh2...itu termasuk penyakit gatal apa dok...trus kira2 jenis obat apa yang cocok...terimakasih

    Hai Qnana,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Koreng dan gatal umumnya merupakan bagian dari proses penyembuhan luka yang normal. Luka ini bisa diakibatkan oleh truma mekanik pada kulit, infeksi (misalnya karena jamur, bakteri, virus, tungau), iritasi (misalnya karena sabun, salep), atau penyakit lainnya, seperti clavus, psoriasis, liken planus, neurodermatitis, dan sebagainya.

    Luka yang berukuran kecil dan superfisial, normalnya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1 bulan seiring dengan waktu yang diperlukan untuk kulit beregenerasi. Yang menjadikan keluhan ini tidak kunjung sembuh adalah kebiasaan mengelupas secara paksa luka yang belum sembuh sempurna, sehingga mengakibatkan luka menjadi berdarah dan mudah mengalami infeksi. Apabila tangan yang Anda gunakan untuk mengelupas luka ini menyentuh bagian tubuh lain sebelum dibersihkan, maka luka bisa semakin menyebar dan tentu akan lebih sulit diatasi.

    Kami sarankan, Anda memeriksakan dulu keluhan yang Anda alami ke dokter ya.. Dengan menginspeksi luka secara langsung, umumnya dokter dapat menentukan kemungkinan penyebab berikut penanganan yang tepat, apakah benar memerlukan obat anti jamur (seperti daktarin atau miconazole), ataukan perlu penanganan lain, misalnya antibiotik, anti virus, anti radang, dan sebagainya.

    Sebagai langkah awal, Anda bisa lakukan tips berikut:

    • Jangan biasakan menggaruk berlebihan atau mengelupas secara paksa koreng dan kulit yang gatal
    • Bersihkan koreng dan luka di kulit kaki dengan kain kassa steril yang telah dilembabkan dengan cairan infus (NaCl) atau larutan antiseptik (povidone iodine)
    • Jaga selalu kebersihan diri dengan rajin mandi dan mencuci kaki
    • Sebelum menggunakan alas kaki, keringkan dulu kaki dengan baik
    • Kenakan alas kaki yang bersih, kering, dan fit dengan ukuran kaki Anda (jangan terlalu sempit, jangan juga bertukar alas kaki dengan orang lain)
    • Hindari mengoleskan salep apapun ke koreng tanpa petunjuk dokter
    • Perbanyak minum dan makan makanan bergizi seimbang
    • Hindari kontak langsung antara kulit kaki dengan detergen, atau zat yang bersifat iritatif lainnya

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah